Oleh Ariful Hakim pada hari Minggu, 14 Feb 2021 - 09:59:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Dia Operator Seluler Terbaik di Indonesia

tscom_news_photo_1613271594.jpg
layanan telepon seluler (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)--Firma riset mobile analitik Opensignalmengumumkanoperator selulerterbaik di Indonesia, mulai urusan pengalaman kecepatan internet, ketersediaan4G, pengalaman menjajal video serta game.

Dalam laporan ini, Opensignal menganalisis pengalaman jaringan seluler Indonesia dengan melibatkan lima operator seluler, di antaranya Hutchison 3 Indonesia (Tri, Indosat, Smartfren, Telkomsel dan XL Axiata) selama 90 hari, mulai 1 Agustus 2020, baik secara nasional maupun di 28 kota terbesar di Indonesia.

Secara umum, Telkomsel masih memegang sebagian besar kategori yang diriset oleh Opensignal, yakni unggul berkaitan pengalaman video, pengalaman kecepatan unduh, pengalaman kecepatan unggah, dan pengalaman cakupan 4G.

Kalau berbicara pengalaman bermain game dan pengalaman aplikasi suara, maka Hutchison 3 Indonesia (Tri) jadi jawaranya. Sementara, menyangkut ketersediaan 4G, Smartfren jadi yang pertama.

"Dengan empat penghargaan, Telkomsel kembali mendominasi penghargaan pengalaman jaringan seluler untuk Indonesia, memenangkan dua kali lipat jumlah penghargaan dari operator lain," kata Opensignal.

Kendati Telkomsel terdepan memberikan pengalaman video kepada para pelanggannya, Opensignal melihat bahwa operator seluler lainnya seiring berjalannya waktu menunjukkan ada peningkatan layanan tersebut. Misalnya, Indosat dan Tri kini peringkatnya dari semula Fair, maka kini sejajar dengan Telkomsel di level Good.

Opensignal menuturkan bila merujuk pada tabel penghargaan pengalaman jaringan seluler di Indonesia, satu-satunya perbedaan dibandingkan laporan pada Juli 2020, Tri telah melompat ke posisi terdepan soal pengalaman aplikasi suara, bahkan unggul juga di pengalaman bermain game.

Sementara itu, operator khusus 4G Smartfren, dikatakan Opensignal, telah membuat beberapa kemajuan. Hanya saja, hal tersebut belum cukup mengejar ketinggalan, terutama pada metrik kecepatan internet yang ditentukan Opensignal.

Pandemi virus Corona (COVID-19) yang menghentikan aktivitas secara fisik, kemudian beralih ke digital, turut menumbuhkan pengelaman seluler di Indonesia. Di samping itu semua, Opensignalmengatakan ada peningkatan dalam pengalaman jaringan seluler di Indonesia.

tag: #telkomsel  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
Lainnya
Bisnis

Targetkan Pertumbuhan Dua Digit di Kantor Cabang Luar Negeri, BNI Kembangkan Bisnis Internasional

Oleh windarto
pada hari Senin, 12 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk (BNI) merupakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memiliki jaringan Kantor Cabang Luar Negeri (KCLN) terbanyak di tanah ...
Bisnis

Ini Besaran Bantuan BNPB untuk Rumah Rusak Akibat Gempa Malang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Doni Monardo menegaskan akan mempercepat penanganan perbaikan rumah rusak terdampak pasca gempa M6,1 yang ...