Oleh Rihad pada hari Sabtu, 27 Feb 2021 - 17:50:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Bandara Soedirman Purbalingga Beroperasi Komersial 22 April

tscom_news_photo_1614423001.png
Bandara Jenderal Sudirman (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- PT Angkasa Pura II (Persero) memastikan Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman di Wirasaba, Kabupaten Purbalingga, Jawa Tengah, siap beroperasi secara komersial pada 22 April 2021.

"Mulai 22 April 2021, Bandar Udara Jenderal Besar Soedirman mulai dioperasikan untuk penerbangan komersial," kata Direktur Utama Angkasa Pura II Muhammad Awaluddin di Purbalingga, Jawa Tengah, Sabtu (27/2).

Hal itu disampaikannya saat bertemu Bupati Purbalingga Dyah Hayuning Pratiwi dan jajaran guna membahas persiapan operasional Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Dia juga menyampaikan sejumlah informasi kepada jajaran Pemkab Purbalingga antara lain mengenai progres pembangunan bandara yang sudah mencapai 100 persen. "Untuk landasan pacu dan lain sebagainya sudah siap 100 persen," katanya.

Dia menambahkan pihaknya mengapresiasi kinerja dan dukungan penuh dari Bupati Purbalingga serta seluruh jajaran Pemkab Purbalingga yang telah menyiapkan sejumlah fasilitas guna mempercepat perkembangan menuju beroperasinya bandara pada 22 April mendatang.

Menurut dia, pihaknya akan menurunkan personel pada 15 Maret 2021 atau 30 hari sebelum pengoperasian Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Dukungan personel, kata dia, sudah harus berada dan siap di lokasi bandara menjelang 22 April 2021.

Selain itu, dia mengatakan pihaknya juga telah berkoordinasi dengan Airnav untuk mendukung navigasi udaranya.

"Pada 15 Maret sudah ada bantuan personel untuk operasionalisasi persiapan. SDM sudah siaga. Kami juga sudah koordinasi dengan Airnav untuk dukungan navigasi udara," katanya.

Awaluddin menambahkan hingga saat ini perkembangan kesiapan operasionalisasi Bandara Jenderal Besar Soedirman menuju 22 April 2021 sebagai waktu penerbangan perdana masih sesuai jadwal.

"Kami berharap menuju 22 April 2021 mendatang tidak ada kendala, baik yang sifatnya prinsip maupun teknis, termasuk juga dengan maskapai yang melayani di bandara," katanya.

Sebelumnya, Bupati Dyah Hayuning Pratiwi mengharapkan Bandara Jenderal Besar Soedirman segera beroperasi.

"Dengan demikian, kemanfaatannya dapat dirasakan dalam mendorong aktivitas sosial dan ekonomi di wilayah Kabupaten Purbalingga dan sekitarnya," katanya.


Beberapa waktu lalu, untuk pertama kalinya pesawat dengan jenis Beechcraft B200 King Air mendarat di bandara Jenderal Sudirman. Pesawat yang mengangkut rombongan dari Kementerian Perhubungan (Kemenhub) tersebut menyentuh landasan pacu dan mendarat dengan mulus pada Minggu pagi (31 Januari 2020, pukul 08.40 WIB.

Pesawat ini sekaligus melakukan uji coba runway atau landasan pacu Bandara Jenderal Besar Soedirman.

Dirjen Perhubungan Udara Kemenhub Novie Riyanto saat tiba di Bandara Jenderal Besar Soedirman mengatakan pihaknya datang dengan tujuan melakukan verifikasi dan validasi perkembangan pembangunan bandara.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Bisnis

Ekspor Benih Lobster Resmi Dilarang, KKP Pilih Utamakan Budidaya

Oleh Rihad
pada hari Friday, 16 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) menegaskan tidak akan lagi memberikan izin terhadap ekspor benih bening lobster (BBL). Larangan ekspor benih lobster ini karena ...
Bisnis

Mahfud: Pemerintah Bakal Tagih Dana BLBI Rp110 Triliun

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD  mengungkapkan Pemerintah bakal menagih dana bantuan likuiditas Bank Indonesia (BLBI) ...