Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Senin, 08 Jun 2015 - 18:51:19 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR: Ijazah Palsu Beredar Luas, Karena Kontrol Pemerintah Lemah

87IJAZAH-PALSU.jpg
Ijazah palsu (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Fraksi PKS, Nur Hasan menilai fenomena ijazah palsu yang marak akhir-akhir ini hanyalah ledakan dari masalah puluhan tahun yang ada di banyak perguruan tinggi di Indonesia.

Menurutnya, fenomena tersebut tidak berdiri sendiri. Hal itu terjadi karena kontrol pemerintah yang lemah, dalam hal ini Kemenristek Dikti atau yang sebelumnya Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud).

"Semua tak lepas dari kontrol pemerintah yang lemah terhadap keberadaan kampus abal-abal. Pemerintah belum punya database perguruan tinggi yang akurat sehingga tidak bisa melakukan kontrol secara maksimal," kata Hasan dalam Rapat Kerja Komisi X DPR RI dengan Menristekdikti di kompleks DPR RI, Senayan, Jakarta, Senin (8/6/2015)

Akibatnya, lanjut Hasan, banyak penyimpangan yang dilakukan perguruan tinggi baik negeri maupun swasta yang seenaknya memperjualbelikan ijazah dan menjadi sarjana palsu.

Oleh karena dia minta pemerintah ke depan melakukan pembenahan internal dengan membentuk sistem yang lebih akurat dalam mengawasi keberadaan kampus abal-abal.

"Kemenristek Dikti harus lebih berani menindak tegas kampus abal-abal yang seenaknya memperjual belikan ijazah aspal, termasuk pembelinya," tandasnya. (iy)

tag: #ijazah palsu  #dpr  #pemerintahan Jokowi-JK  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Dewas KPK Sidang Etik Nurul Ghufron Hari Ini

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 02 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Dewan Pengawas KPK menggelar sidang perdana dugaan pelanggaran etik wakil ketua KPK Nurul Ghufron. Ghufron terlibat dugaan etik dalam proses mutasi pegawai di Kementerian ...
Berita

Momentum Hardiknas 2024, Ikramullah Akmal Dorong Pemuda Semakin Terdidik untuk Memenangkan Masa Depan

MAKASAR (TEROPONGSENAYAN) --Tenaga Ahli Wakil Ketua MPR RI, Dr. Ikramullah Akmal, S.Sos., M.Si memberikan pandangannya menyambut Hari Pendidikan Nasional 2 Mei 2024. Menurutnya, pendidikan yang ...