Berita
Oleh Ilyas pada hari Kamis, 29 Okt 2015 - 12:37:38 WIB
Bagikan Berita ini :

DPR Siap Dalami Proyek Miliaran 'Pameran Frankfurt' yang Libatkan Goenawan Mohamad

77Goenawan-Mohamad.jpg
Goenawan Mohamad (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) – Langkah Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemendikbud) yang mengeluarkan anggaran Rp146 miliar untuk acara “Festival Buku Frankfurt” akan didalami DPR. Pasalnya anggaran sebesar itu dinilai aneh karena hanya untuk acara pameran.

Atas kejanggalan proyek yang melibatkan Goenawan Muhamad tersebut, DPR berencana memanggil Mendikbud Anies Baswedan.

"Segera Komisi X akan undang Mendikbud untuk menjelaskan (proyek Festival Buku Frankfurt, red)," kata Wakil Ketua Komisi X DPR RI Ridwan Hisjam kepada TeropongSenayan, Kamis (29/10/2015).

Jika tidak masa sidang saat ini, Komisi X DPR RI akan memanggil Mendikbud usai masa reses mendatang.

Sebelumnya, pengamat politik Muslim Arbi menyebut proyek tersebut janggal. Ia menduga proyek tersebut dilakukan tanpa melalui proses tender sebagaimana aturan yang mesti dilakukan. Muslim pun meminta KPK turun tangan mengusut proyek tersebut.

"Anggaran negara sampai Rp146 miliar hanya untuk acara pameran buku di Frankfurt. Proyek itu diduga tanpa tender, asal main tunjuk. Ini sudah tidak benar. KPK harus segera membongkarnya,” kata Muslim Arbi.

Muslim meminta KPK tidak perlu takut untuk memanggil ketua panitia Goenawan Mohamad maupun Mendikbud Anies Baswedan untuk membongkar kasus ini.

“Jangan sampai KPK takut saat mau memeriksa Goenawan Mohamad. Ini untuk keadilan,” papar Muslim.

Selain itu, Muslim mendesak Komisi X DPR RI untuk memanggil semua panitia maupun pihak Kemendikbud terkait pengeluaran anggaran Rp146 miliar untuk acara pameran buku Frankfurt. (iy)

tag: #Goenawan mohamad  #komisi x dpr  #pameran frankfurt  #mendikbud  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
DD X Teropong Senayan
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Kementan dan IDI Kembangkan Aromaterapi Eucalyptus

Oleh Rihad
pada hari Senin, 06 Jul 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kementerian Pertanian (Kementan) menjajaki kerja sama dengan Pengurus Besar Ikatan Dokter Indonesia (PB IDI) untuk mengembangkan produk aromaterapi berbahan dasar tanaman ...
Berita

Jemaah Haji Wajib Pakai Masker dan Dilarang Sentuh Kabah

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Arab Saudi memutuskan untuk membatasi jumlah jemaah domestik yang menjalani ibadah haji hanya sekitar 1.000 jemaah guna mencegah penyebaran virus corona. Arab Saudi ...