Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 28 Okt 2015 - 12:28:28 WIB
Bagikan Berita ini :

Nilainya Berlebihan, Komisi X Usut Mendikbud Soal Pendanaan Festival Buku Frankfurt

18Dadang Rusdiana 003.jpg
Dadang Rusdiana (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Anggota Komsisi X DPR RI akan mengusut dan mempertanyakan Mendikbud tentang pendanaan proyek Festival Buku Frankfurt. Apalagi jika benar dana yang digelontorkan sebesar Rp 146 miliar.

"Dalam raker yang akan datang akan kita (Komisi X-red) pertanyakan (anggaran Festival Buku Frankfurt-red)," ujar Dadang Rusdiana, anggota Komisi X DPR RI Fraksi Partai Hanura di komplek parlemen Jakarta, Rabu (28/10/2015).

Dadang mengungkapkan hal itu saat dimintai pendapatnya tentang khabar yang menyebutkan adanya keanehan dalam pendanaan proyek Festival Buku Frankfurt yang diikuti Kemendikbud. Sebab anggarannya mencapai Rp 146 miliar.

Menurut Dadang, sesuai ketentuan UU No 17 tahun 2003 tentang Keuangan Negara, Komisi X DPR RI dapat meminta pertanggungjawaban kepada Kemendikbud mengenai transparansi dan efektivitas dari program dan kegiatan tersebut.

Hanya saja dia mengaku akan melihat terlebih dahulu dengan persoalan ini. Agar persoalan ini menjadi terang benderang. Baik pengalokasiannya, besaran dana yang digunakan serta pertanggungjawabannya.

"Ya nanti akan kita liat bagaimana pendanaan Festival Buku Frankfurt tersebut. Apakah sudah sejalan dengan alokasi anggaran atau tidak. Jadi itu harus kita eksplor dalam rapat kerja," katanya.

Dadang mengatakan sejauh ini DPR khususnya Komisi X yang mitra kerjanya dengan Kemendikbud bertugas untuk pengawasan terhadap implementasi anggaran saja. Tidak sampai rincian anggaran di Kementerian.

"Sangat terbatas karena yang kita bahas kan program. Kita tidak tau sampai rincian kegiatan, atau satuan tiga akibat dari keputusan MK," tandasnya. Namun melalui tugas pengawasan DPR memiliki kewenangan minta penjelasan kepada Mendikbud.(ris)

tag: #dadang  #frankfurt  #mendikbud  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...