Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 26 Mar 2021 - 11:36:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Sinergi Telkom dan BKI, Perkuat Digitalisasi Menuju Pembentukan Holding BUMN Jasa Survey

tscom_news_photo_1616733361.jpeg
Direktur Enterprise & Business Service Telkom Edi Witjara (kanan) usai melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Direktur Utama BKI yang pada kesempatan ini diwakili oleh Direktur Pengembangan Sumber Daya Saifudin Wijaya tentang Sinergi Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan yang bertempat di Jakarta (24/3). (Sumber foto : Humas PT. Telkom)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- BUMN sebagai agen pembangunan berperan besar dalam menyukseskan berbagai program pemerintah dengan menjalin kerja sama strategis yang dapat mendorong efisiensi serta peningkatan kinerja.

Salah satunya adalah program Kementerian BUMN dalam membentuk Holding BUMN Jasa Survey yang terdiri dari PT Biro Klasifikasi Indonesia (Persero), PT Sucofindo (Persero), dan PT Surveyor Indonesia (Persero), di mana diharapkan dengan terbentuknya Holding ini kelak Indonesia dapat bersaing mutlak menjadi Top 5 Assurance Company di Asia dalam 5 tahun ke depan.

Guna mensukseskan program tersebut, Direktur Enterprise & Business Service PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom), Edi Witjara melakukan penandatanganan Nota Kesepahaman dengan Direktur Utama PT Biro Klasifikasi Indonesia, Rudiyanto yang pada kesempatan ini diwakili oleh Direktur Pengembangan Sumber Daya, Saifudin Wijaya, tentang Sinergi Pemanfaatan Sumber Daya Perusahaan, yang bertempat di Telkom Landmark Tower, Jakarta, Kamis (24/3).

Ruang lingkup kerja sama ini meliputi pemanfaatan jasa telekomunikasi dan informasi, termasuk konektivitas digital,platformdigital dan layanan digital yang dikelola dan dikembangkan oleh kedua belah pihak.

Diantaranya adalah pengembangan inovasi dan riset bersama untuk mendukung dan mensukseskan program pemerintah dalam membangun Satu Data Indonesia, pengembangan arsitektur sistem informasi, implementasi, dan pembuatan program-program aplikasi yang mendukung operasional BKI secara transparan, akurat dan efektif, serta aspek kerja sama lain yang dipandang perlu secara sinergis yang menguntungkan bagi kedua belah pihak.

Edi dalam sambutannya mengatakan bahwa Telkom siap mendukung Holding BUMN Jasa Survey melalui penyediaan solusi digitalplatformlayanan Shared Service Operation (SSO) sesuai arahan dari Kementerian BUMN untuk implementasi Global Shared Service dan ERP Business Planning & Consolidation pada BUMN Holding.

“Dengan infrastruktur,platform, dan layanan digital yang dimiliki, kami berkomitmen sepenuhnya mendukung pengembangan digitalisasicore businessBKI yaitu Testing, Inspection, dan Certification atau yang disingkat dengan TIC, sertaroadmapBKI ke depan. Semoga ini menjadi langkah baik bagi kita untuk menyukseskan program pemerintah menjadikan Indonesia sebagai Top 5 Assurance Company di Asia,” ujar Edi.

Sebagai salah satu BUMN yang bergerak di bidang Jasa Survey, BKI aktif dalam menjalin kolaborasi antar BUMN di Indonesia, di mana salah satu kerjasama yang dibangun BKI adalah dengan sektor telekomunikasi.

“Kami memerlukan dukungan dari Telkom sebagai BUMN yang bergerak dalam bidang ICT untuk turut mensukseskanroadmapdigitalisasi BKI. Saat ini yang dalam jangka waktu dekat sedang kami lakukan adalah digitalisasi proses sertifikasi halal yang juga turut melibatkan Surveyor Indonesia. Kolaborasi ini dibangun semata-mata untuk memajukan bangsa Indonesia,” ujar Direktur Pengembangan Sumber Daya PT Biro Klasifikasi Indonesia Saifudin Wijaya.

Semoga dengan kolaborasi yang baik yang dibangun antar BUMN ini mempercepat proses digitalisasi BUMN yang dapat mencetuskan inovasi-inovasi digital untuk kemajuan bangsa.

“Dengan digitalisasi ini semoga kita bisa menjadikan Indonesia lebih baik lagi dan menjadi kekuatan ekonomi digital di Asia Tenggara,” tambah Edi.

Dengan kerjasama ini, Telkom semakin memposisikan diri sebagaitrusted partnerdalam mendukung transformasidigital enterprise companydi mana sebelumnya telah menjadienablerdigitalisasi SPBU Pertamina, digitalisasi distribusi dan vaksinasi Indonesia Biofarma serta beberapa program digitalisasi lainnya.

tag: #telkom  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement