Oleh Bachtiar pada hari Jumat, 26 Mar 2021 - 14:18:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Peresmian Data Center neuCentrIX Meruya, Data Center sebagai Salah Satu Kunci Sukses Pembangunan Ekonomi Digital di Indonesia

tscom_news_photo_1616743134.jpeg
Direktur Wholesale & International Service Telkom Dian Rachmawan (tengah) melakukan penyematan alat kerja berupa tas ransel kepada perwakilan teknisi sebagi simbolisasi kesiapan dukungan layanan yang disaksikan Executive Vice President Divisi Wholesale Service Telkom Erik Orbandi (paling kanan) (Sumber foto : Humas PT. Telkom)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Dalam rangka mengakselerasi bisnisdigital platformsebagai salah satu fokus bisnis digital yang tengah dijalankan, PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) meresmikandata centerneuCentrIX ketiga di wilayah Jakarta tepatnya berlokasi di Meruya.

Data centeryang diresmikan langsung oleh Direktur Wholesale & International Service Telkom ini terstandardisasi tier-3 di manaservice level assuranceyang dijaminkan memilikidowntimekurang dari 1,6 jam dalam satu tahun (99,982%guaranteed availability).

Saat inidata centeryang dimiliki oleh Telkom tersebar di 13 kota besar di Indonesia yaitu Medan, Batam, Pekanbaru, Jakarta, Bandung, Semarang, Yogyakarta, Surabaya, Denpasar, Banjarmasin, Balikpapan, Makassar, dan Manado. Dengancoveragejaringan terluas hingga ke mancanegara serta akseseyeballterbesar di Indonesia, neuCentrIX tidak diragukan mampu memenuhi kebutuhanplatformdigital danconnectivityyang mendukung perkembangan bisnis ke depan.

Selain itu, neuCentrIX juga bersifatcarrier neutral data center, sehingga memungkinkan interkoneksi antara beberapa operator telekomunikasi sehingga memberikan fleksibilitas bagi pelaku usaha dalam mendesain jaringannya.

Direktur Wholesale & International Service Telkom, Dian Rachmawan mengatakan, “neuCentrIX merupakan inisiatif TelkomGroup dalam melayanimarket wholesaleindustri telekomunikasi dan ekosistem digital melalui penyediaan layanandata centerdengancoverageterluas dan berdaya saing global. Bersaing dengan berbagai pelaku bisnis global dan domestik, Telkom optimis memperluas kapasitas dan jangkauandata centerdi berbagai kota di Indonesia," ungkapnya, Jumat (26/03/2021).

Seperti diketahui, Temasek memproyeksikan ekonomi digital Indonesia naik lebih dari tiga kali lipat dari US$40 miliar menjadi US$133 miliar pada tahun 2025. Namun, potensi ekonomi digital ini hanya dapat diwujudkan apabila didukung oleh infrastruktur yang memadai, salah satunya melalui pembangunan koneksi internet di seluruh Indonesia.

Roadmappembangunan ekonomi digital melalui perluasan pembanguan koneksi internet membuka peluang bagiproviderdalam meningkatkan skalabilitas bisnis. Selain koneksi internet,data centerjuga merupakan salah satuenableryang memegang peranan penting sebagaikey business driverbagi paraproviderlokal dan global.

Dalam ekonomi digital, data dan informasi memegang peranan penting dalam meningkatkan value pelaku bisnis. Tak heran muncul istilah“Data is a New Oil”, yang memiliki arti bahwa data sangat berharga dan nilainya terus meningkat saat dikumpulkan secara lengkap dan akurat, terhubung, dan relevan dengan dengan data lainnya dan digunakan pada saat yang tepat.

Tingginya nilai dari data dan informasi tersebut, menyebabkan perusahaan memperlakukannya sebagaivaluable assetsyang harus dijaga dengan baik.

Seiring meningkatnya digitalisasi,data centermenjadi area yang jauh lebih strategis, tidak hanya dalam lingkupIT management, namun melingkupi bisnis secara keseluruhan. Lebih jauh,data centermenjadi tulang punggung digitalisasi perusahaan, membantu mengamankan kesuksesan jangka panjang serta memberikan dampak langsung pada biaya dan pendapatan.

Menurut survey yang dilakukan IDC pada tahun 2020 terhadap 100 penyedia layanan internet (ISP) yang tersebar di 20 kota besar di Indonesia, setidaknya ada 4 hal yang menjadi perhatian dalam memilihdata center, yaitu harga; produk, layanan dan solusi yang ditawarkan;value added services; danwide coverage.

“Dengan segala kelebihan dan kekuatan yang dimiliki neuCentrIX sertabrand imagedantrack recordyang dimiliki Telkom Indonesia dalam bisnis digital semakin mengukuhkan posisidata centerneuCentrIX ini sebagaidata centerpilihan terbaik bagi pelanggan. Ini merupakan wujud dukungan Telkom melalui digitalisasi menjadikan Indonesia lebih baik lagi,” tutup Dian.

tag: #telkom  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement