Oleh Ariful Hakim pada hari Selasa, 30 Mar 2021 - 08:06:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Terusan Suez Kembali Normal

tscom_news_photo_1617066365.jpeg
Kapal Ever Given yang melintang (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)—Setelah sempat ‘macet’ beberapa hari, kawasan terusan Suez akhirnya kembali bisa dilalui, setelah kapal kontainer Ever Given yang menyumbatnya berhasil terbebas dan mengapung. Salah satu kapal kontainer terbesar dunia itu melintang secara diagonal, dan menyebabkan ratusan kapal tak bisa masuk maupun keluar.

Otoritas setempat mengerahkan puluhan kapal penarik, dan berharap pada kekuatan alam seperti air pasang untuk membebaskannya. Setelah kembali mengapung, kapal Ever Given dibawa ke Danau Great Bitter, di tengah Terusan Suez, untuk menjalani inspeksi teknis. "Akhirnya, dia terbebas," jelas sumber yang ikut dalam operasi itu seperti dikutip Sky News Senin (29/3/21).

Dibukanya kembali kanal sepanjang 192 km itu diumumkan Kepala Otoritas Terusan Suez (CSA), Jenderal Osama Rabei. Kepada awak media, Rabei mengatakan 113 kapal diprediksi akan segera berlabuh dari kedua sisi pada Selasa pagi (30/3/21).

Lebih dari 400 kapal terjebak, termasuk kapal kontainer, kapal minyak, maupun kapal yang membawa gas alam cair (LNG). Jenderal Rabei menerangkan, pihaknya membutuhkan waktu tiga hari untuk menyelesaikan administrasi kapal yang terhambat.

Evergreen Line, selaku pihak yang menyewa kapal, menyatakan hasil inspeksi bakal menentukan apakah Ever Given bisa bergerak sesuai jadwal. Perusahaan yang menanganinya, Bernhard Schulte Shipmanagement menuturkan tidak ada kerusakan pada kargo.

"Penyelidikan awal menunjukkan tidak ada kegagalan mesin atau teknis yang membuat kapal itu kandas," jelas Bernhard Schulte Shipmanagement.

Jurnalis Sky News Alistair Bunkall yang meliput dari Ismailia, Mesir, berujar teriakan "Tuhan Maha Besar" terdengar dari tim penyelamat saat upaya mereka membuahkan hasil. Karena kandas selama enam hari, kerugian yang diderita dunia mencapai 6,5 miliar poundsterling (Rp 129,3 triliun) setiap harinya.

tag: #mesir  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Banner Ramadhan Ir. Ali Wongso Sinaga
advertisement
Banner Ramadhan H. Singgih Januratmoko, S.K.H., M.M.
advertisement
Dompet Dhuafa: Sedekah Yatim
advertisement
Banner Ramadhan Mohamad Hekal, MBA
advertisement
Banner Ramadhan Sartono Hutomo, SE, MM
advertisement
Dompet Dhuafa: Parsel Ramadan
advertisement
Dompet Dhuafa: Zakat Fitrah
advertisement
Domper Dhuafa: Sedekah Quran
advertisement
Lainnya
Bisnis

Harga Emas Hari Ini, Sabtu 17 April 2021, Melonjak Lagi!

Oleh Ariful Hakim
pada hari Sabtu, 17 Apr 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-- Harga emas batangan 24 karat yang dijual di Pegadaian pada hari ini, Sabtu (17/4/21), terpantau menguat dibandingkan dengan harga kemarin. Berdasarkan informasi pada laman ...
Bisnis

BI Umumkan Utang Indonesia Naik Lagi, Anggota DPR: Over Borrowing

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Bank Indonesia (BI) mencatat utang luar negeri Indonesia sebesar 422,6 miliar dolar AS atau tumbuh 4 persen (yoy) pada Februari 2021, lebih tinggi dibandingkan pertumbuhan ...