Oleh Ariful Hakim pada hari Selasa, 30 Mar 2021 - 08:06:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Terusan Suez Kembali Normal

tscom_news_photo_1617066365.jpeg
Kapal Ever Given yang melintang (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)—Setelah sempat ‘macet’ beberapa hari, kawasan terusan Suez akhirnya kembali bisa dilalui, setelah kapal kontainer Ever Given yang menyumbatnya berhasil terbebas dan mengapung. Salah satu kapal kontainer terbesar dunia itu melintang secara diagonal, dan menyebabkan ratusan kapal tak bisa masuk maupun keluar.

Otoritas setempat mengerahkan puluhan kapal penarik, dan berharap pada kekuatan alam seperti air pasang untuk membebaskannya. Setelah kembali mengapung, kapal Ever Given dibawa ke Danau Great Bitter, di tengah Terusan Suez, untuk menjalani inspeksi teknis. "Akhirnya, dia terbebas," jelas sumber yang ikut dalam operasi itu seperti dikutip Sky News Senin (29/3/21).

Dibukanya kembali kanal sepanjang 192 km itu diumumkan Kepala Otoritas Terusan Suez (CSA), Jenderal Osama Rabei. Kepada awak media, Rabei mengatakan 113 kapal diprediksi akan segera berlabuh dari kedua sisi pada Selasa pagi (30/3/21).

Lebih dari 400 kapal terjebak, termasuk kapal kontainer, kapal minyak, maupun kapal yang membawa gas alam cair (LNG). Jenderal Rabei menerangkan, pihaknya membutuhkan waktu tiga hari untuk menyelesaikan administrasi kapal yang terhambat.

Evergreen Line, selaku pihak yang menyewa kapal, menyatakan hasil inspeksi bakal menentukan apakah Ever Given bisa bergerak sesuai jadwal. Perusahaan yang menanganinya, Bernhard Schulte Shipmanagement menuturkan tidak ada kerusakan pada kargo.

"Penyelidikan awal menunjukkan tidak ada kegagalan mesin atau teknis yang membuat kapal itu kandas," jelas Bernhard Schulte Shipmanagement.

Jurnalis Sky News Alistair Bunkall yang meliput dari Ismailia, Mesir, berujar teriakan "Tuhan Maha Besar" terdengar dari tim penyelamat saat upaya mereka membuahkan hasil. Karena kandas selama enam hari, kerugian yang diderita dunia mencapai 6,5 miliar poundsterling (Rp 129,3 triliun) setiap harinya.

tag: #mesir  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement