Berita
Oleh Aditya AF pada hari Thursday, 15 Apr 2021 - 13:31:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Zulhas Minta Pemerintah Jaga Harga Pangan saat Ramadan

tscom_news_photo_1618462185.png
Zulhas Minta Pemerintah Jaga Harga Pangan saat Ramadan (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA ( TEROPOMG SENAYAN ) --Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan meminta pemerintah mengendalikan harga pangan selama bulan Ramadan. Menurutnya, itu penting agar tidak menyulitkan masyarakat yang ekonominya tengah terdampak pandemi Covid-19.

"Saya sangat berharap mudah-mudahan harga pangan dapat dikendalikan oleh pemerintah, sehingga tidak memberatkan masyarakat yang saat ini tengah mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi," kata pemilik sapaan akrab Zulhas itu dalam konferensi pers yang berlangsung secara daring, Rabu (14/4).

Lebih lanjut, Zulhas menyoroti fenomena banjir pangan impor di pasar Indonesia. Ia mengaku Indonesia masih belum benar-benar mampu berdaulat di bidang pangan.

Menurutnya, hal ini merupakan persoalan yang sangat serius yang bisa menyengsarakan masyarakat jika tidak ditangani dengan baik.

"Dalam dua dekade terakhir, sejak reformasi 23 tahun lalu, Indonesia cukup bergantung pada impor beras dari Vietnam, Thailand, Tiongkok, Pakistan, Taiwan, hingga Myanmar," kata Wakil Ketua MPR itu.

Berangkat dari itu, Zulhas berharap pemerintah dan semua pihak serius menyelesaikan persoalan impor pangan. Pasalnya, menurutnya, masalah impor pangan senantiasa menjadikan rakyat kecil dan para petani lokal sebagai korban.

"Ketergantungan kita pada pangan impor juga menunjukkan kegagalan kita sebagai bangsa mempersiapkan ketahanan pangan," katanya.

Zulhas melanjutkan, kebiasaan impor memiliki hubungan dengan praktik demokrasi transaksional yang berbiaya tinggi. Menurutnya, demokrasi dan cara menjalankan pemerintahan pasca-reformasi perlu dievaluasi.

Ia pun menyinggung jumlah para pemburu rente yang mencari keuntungan cepat yang semakin banyak.

"Kebijakan impor saya kira muncul dari perilaku para pemburu rente yang memaksakan agar kebijakan impor ini terus langgeng di republik yang kaya ini. Para pemburu rente ini mencari keuntungan sesaat dan rela mengorbankan nasib rakyat kecil, nasib petani, nasib anak-cucu kita di kemudian hari," kata Zulhas.

tag: #ramadhan  #harga-pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

SOKSI Optimis MK Tak Lampaui Wewenangnya: Prabowo-Gibran Presiden dan Wapres Terpilih

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Menjelang putusan MK tentang sengketa Pilpres 2024 pada 22 April 2024 mendatang, Ketua Umum Dewan Pimpinan Nasional SOKSI. Ir. Ali Wongso Sinaga menyatakan optimis amar ...
Berita

KPK Periksa Anggota DPR Ihsan Yunus Kasus Pengadaan Alat Kesehatan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota DPR dari Fraksi PDI Perjuangan, Ihsan Yunus, memenuhi panggilan Tim Penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK), Kamis (18/4/2024). Dia diperiksa sebagai saksi ...