Oleh La Aswan pada hari Minggu, 20 Jun 2021 - 06:41:44 WIB
Bagikan Berita ini :

Penguatan KPK, Busyro Lebih Percaya Elemen Masyarakat Sipil Ketimbang Pemerintah

tscom_news_photo_1624146104.jpg
Gedung KPK (Sumber foto : Ist)

JAKARTA(TEROPONGSENAYAN)-Ketua Pengurus Pusat Muhammadiyah Bidang Hukum, Busyro Muqoddas mengingatkan agar tak lagi berharap kepada negara dan sistem birokrasi pemerintah untuk kembali memperkuat Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Busyro mengatakan lebih baik berharap pada elemen-elemen dan kekuatan masyarakat sipil untuk tetap membuat KPK tegak lurus dan kuat.

"Jangan berharap semata-mata kepada birokrasi negara. Tapi berharap ke kekuatan elemen masyarakat sipil," kata Busyro dalam diskusi daring Agenda Mendesak Penguatan KPK yang digelar Fisipol UMY, Sabtu (19/6).

Ketidakpercayaan terhadap lembaga negara ini bukan tanpa alasan, kata Busyro, karena menurutnya semua sudah terbukti salah satunya dengan sikap lima pimpinan KPK yang terang-terangan melawan putusan Mahkamah Konstitusi.

Padahal secara struktur hukum, kata dia, putusan MK adalah produk hukum negara, aturan yang kuat yang mestinya ditaati oleh masyarakat, termasuk di dalamnya pimpinan KPK itu sendiri.

Bukan hanya itu, Busyro juga menyinggung pembangkangan yang dilakukan pimpinan KPK atas titah presiden Joko Widodo soal nasib 75 pegawai KPK. Namun, kata dia, presiden pun tak melakukan tindakan apapun bahkan tak menegur tindakan yang dinilai membangkang para pimpinan KPK ini.

"Kita berharap sampai akhir November ini jika presiden membatalkan hasil TWK maka kita punya harapan ke negara tapi jika tidak dibatalkan maka itu saat terang benderang kita tidak bisa berharap lagi ke presiden Jokowi," kata dia.

tag: #kpk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement