Zoom
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Kamis, 11 Jun 2015 - 17:10:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Kinerja DPR Dinilai Buruk, Politisi Ini Minta Masyarakat Objektif

51Elnino-M-Husein.jpg
Elnino M Husein Mohi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Anggota Komisi I DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra Elnino M Husein Mohi meminta masyarakat agar objektif dalam melakukan penilaian terhadap kinerja anggota DPR RI.

Hal tersebut disampaikan Elnino saat menanggapi anggapan publik terkait jebloknya kinerja anggota DPR RI.

Memang, kata dia, sebaiknya masyarakat juga dalam melakukan penilaian harus melihat kinerja anggota DPR dari berbagai aspek.

"Masyarakat punya hak untuk menilai, dan apabila seorang anggota DPR ternyata dinilai gagal, maka pemilihnya berhak juga untuk mengampanyekan agar tidak memilih si anggota dewan itu lagi. Namun, ukuran-ukuran atau standar penilaiannya yang perlu kita sepakati bersama," kata dia kepada TeropongSenayan di Jakarta, Kamis (11/6/2015).

Elnino pun mengusulkan, sebaiknya masyarakat dalam melakukan penilaian harus dibarengi dengan ukuran-ukuran yang objektif. Pertama, Apakah sang wakil rakyat melaksanakan kewajibannya sebagai anggota dewan atau tidak.

Paling tidak, kata dia, ukurannya adalah kehadiran dan kontribusi pendapatnya dalam rapat-rapat legislasi, keaktifan melakukan pengawasan kepada pemerintah dan bagaimana dia memperjuangkan anggaran untuk masyarakat yang dia wakili.

"Sejauh ini lebih banyak yang menilai hanya pada jumlah RUU yang dihasilkan. Padahal lebih banyak aktivitas anggota dewan adalah pada pengawasan terhadap pemerintah," tandas dia.

Kedua, apakah anggota dewan tidak menyalahgunakan kewenangannya. Ukurannya kata dia, sederhana, yakni anggota dewan tidak korupsi.

Ketiga, lanjut dia, apakah anggota dewan memelihara komunikasi atau silaturahim dengan konstituennya.

"Ukuran untuk nomor 3, di saat reses si anggota dewan rajin menemui konstituennya, menyelami persoalan yang terjadi untuk kemudian menjadi inspirasinya berbicara atas nama konstituen di gedung DPR." (iy)

tag: #Kinerja dpr  #kinerja legislasi  #gerindra  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...