Oleh Bachtiar pada hari Senin, 06 Sep 2021 - 10:19:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Permudah dan Perluas Penyaluran KUR, Himbara Perkuat Sosialisasi

tscom_news_photo_1630898389.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Himpunan Bank Milik Negara (Himbara) terus melakukan sosialisasi penyaluran kredit usaha rakyat (KUR).

Hal tersebut dilakukan mengingat saat ini masyarakat yang lebih tertarik untuk melakukan kredit pada nonlembaga keuangan, dengan pertimbangan pencairan uang lebih cepat.

Direktur Bisnis Mikro BRI, Supari, mengatakan sejak Juli 2020, skema penyaluran KUR tanpa agunan telah disesuaikan pemerintah.

“Masyarakat lebih senang ke pelepas uang. Oleh karena itu Himbara sudah membangun layanan-layanan yang bisa setara dengan layanan pelepas uang atau rentenir,” ujarnya dalam keterangannya, Senin (6/9/2021).

Sejak 1 Juli 2021, batas atas KUR tanpa agunan dinaikan dari semula Rp 50 juta menjadi Rp 100 juta. KUR super mikro sampai dengan Rp 10 juta tanpa agunan, KUR mikro di atas Rp 10 juta sampai Rp 50 juta tanpa agunan, KUR kecil di atas Rp 50 juta sampai Rp 100 juta tanpa agunan.

“Di atas Rp 100 juta sesuai dengan penilaian dan kebijakan bank penyalur masing-masing,” ucapnya.

Menurutnya, perseroan bersama bank plat merah lainya sudah mempunyai infrastruktur dan sumber daya manusia yang kuat untuk memperluas penyaluran KUR ke berbagai daerah.

BRI punya agen yang hampir 500 ribu, BNI punya agen, Bank Mandiri punya agen, BTN juga punya agen. Belum lagi para RM (relationship manager) yang tersebar di seluruh Indonesia,” ucapnya.

Kendati demikian, Supari mengakui selama ini salah satu kendala yang dihadapi calon debitur untuk mengajukan KUR ialah terkait jaminan atau agunan sebagai persyaratan kredit.

“Permudah itu kan yang selama ini kita terjemahkan, khususnya terkait dengan agunan pinjaman,” ucapnya.

tag: #bank-himbara  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

Telkom Dukung Pemulihan 82,1 Ha Lahan Kritis melalui Reboisasi 33.800 Bibit Pohon

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 03 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Data Kementerian Kemaritiman & Investasi tahun 2022 menyebut luas lahan kritis nasional sebesar 12.744.925 Ha. Hal ini terjadi dikarenakan tidak seimbangnya penebangan ...
Berita

Peringati May Day 2024, BPJS Ketenagakerjaan Dukung Kesejahteraan Pekerja

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wali Kota Administrasi Jakarta Utara, Ali Maulana Hakim mengatakan, dirinya sangat mendukung upaya-upaya peningkatan kesejahteraan pekerja atau buruh. Hal ini disampaikan ...