Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 14 Jun 2015 - 16:58:57 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Fungsi Menko dan Wapres Belum Keliatan Aktif

69AgusPambagio(indra).JPG
Agus Pambagio (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat kebijakan publik Agus Pambagio menilai, sejauh ini baru dua kementerian yang mengajukan jajaran eselon I kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi), yaitu Kementerian Agraria dan Kementerian Kehutanan.

Menurut Agus, hal itu menjadi salah satu persoalan yang mempengaruhi efektivitas kinerja pemerintahan Jokowi adalah keterlambatan kementerian mengajukan nama eselon I kepada Presiden.

"Kementerian Agraria dan Kementerian Kehutanan dan Lingkungan Hidup sudah selesai, tapi hambatannya banyak, Keppresnya lama bener," ujar Agus dalam diskusi yang diselenggarakan RMOL di Cikini Jakarta Pusat, Minggu (14/6/2015).

Kendati demikian ia mengatakan, model seleksi pejabat eselon I saat ini sudah sangat baik. Namun hal itu juga harus diimbangi dengan sikap tegas Presiden yang cenderung mengulur-ulur waktu.

"Sekarang model pemilihan pejabat itu pakai Pansel (panitia seleksi), itu tidak boleh dari partai dan bukan pejabat aktif, tapi sistem administrasi negaranya perlu diperbaiki," ungkapnya.

Selain memperbaiki sistem administrasi, terang Agus, persoalan lain yang cukup pelik terjadi adalah disfungsi menteri koordinator di masa pemerintahan saat ini. Dan fungsi Wapres yang belum begitu maksimal berbeda pada zamanya SBY.

"Persoalan lain fungsi Menko disini belum berperan aktif, peran pak Wakil Presiden juga belum terlihat seperti halnya dia jabat Wapres (periode) sebelumnya," tandasnya.(yn)

tag: #menteri jokowi  #wapres jk  #jusuf kalla  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...