Oleh Rihad Wiranto pada hari Senin, 01 Nov 2021 - 22:11:22 WIB
Bagikan Berita ini :

Wagub DKI: Jakarta Banjir Bukan Sendiri, China Juga Banjir

tscom_news_photo_1635779482.png
Riza Patria (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Wakil Gubernur DKI Jakarta, Ahmad Riza Patria, mengatakan masalah banjir di Jakarta tidak bisa diselesaikan dalam waktu yang singkat.

“Memang masalah banjir ini tidak bisa diselesaikan satu atau dua tahun, satu dua periode, butuh kerja sama semua pihak,” ujar Riza kepada wartawan, Senin (1/11).

Menurut Riza, tak hanya Jakarta yang mengalami banjir di Indonesia, tetapi di negara maju lainnya seperti Amerika hingga China juga terkena banjir.

“Teman-teman lihat banjir ini tidak cuma di Jakarta tapi di seluruh Indonesia bahkan di Kalimantan yang tidak padat seperti Jakarta pun ada banjir,” tutur dia.

Riza menjelaskan bahwa banyak sekali penyebab banjir di Jakarta, untuk itu diharapkan partisipasi warga Jakarta dalam menghadapinya bersama-sama. Terlebih saat ini perubahan iklim sudah menjadi isu global yang harus disikapi bersama.

“Memang ini banyak hal termasuk masalah perubahan iklim dan sebagainya yang harus kita hadapi bersama,” katanya.

Waduk Cimahi dan Ciawi

Ahmad Riza Patria berharap waduk Cimahi dan Ciawi, Jawa Barat, yang dikerjakan oleh pemerintah pusat dapat berdampak atas potensi banjir kiriman di Jakarta. Dia berharap, target yang dibuat pemerintah pusat atas penuntasan waduk Cimahi dan Ciawi dapat terealisasi tahun ini.

"Juga waduk di Cimahi dan Ciawi yang insyaAllah informasi dari pemerintah pusat itu ditargetkan akhir tahun ini. Mudah-mudahan dengan kehadiran dua waduk ini bisa mengurangi kiriman banjir dari daerah luar Jakarta ke Jakarta," harap Riza, Senin (1/11).

Pemerintah pusat bersama Pemprov DKI Jakarta terus membangun koordinasi untuk melaksanakan tugas masing-masing dalam hal penanganan banjir.

Misalnya saja, sebut Riza, pengerjaan sodetan Kali Ciliwung, masih dikerjakan oleh kedua pemerintahan. Pemerintah pusat, melalui Kementerian PUPR melakukan pembangunan sementara Pemprov DKI bertugas melakukan pembebasan lahan.

"Berbagai upaya kali Ciliwung sudah diupayakan, sedang dibuat juga codetan bersama dengan PUPR pemerintah pusat membuat sodetan dari Kali Ciliwung ke BKT masih dalam proses, belum selesai mudah-mudahan," ujarnya.

tag: #ahmad-riza-patria  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Jakarta

Mahasiswa Kecewa dengan Sikap KPK: Ancam Akan Lapor ke Jokowi

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 10 Agu 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahasiswa yang tergabung dalam Aliansi Mahasiswa Menggugat kembali melakukan aksi di depan Kantor Badan Perencanaan dan Pembangunan Nasional (Bappenas). Massa aksi ...
Jakarta

Muncul Nama Heru Budi Hartono Pengganti Anies Baswedan, Siapa Dia?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Masa jabatan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan akan habis masa jabatan pada 16 Oktober 2022. Mengingat Pilkada baru digelar 2024, posisi Anies akan diisi oleh penjabat ...