Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Minggu, 21 Jun 2015 - 21:48:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Politisi PAN Ini Nilai Keputusan MK Tolak Nikah Beda Agama Sesuai HAM

10medium_16Saleh Daulay PAN.jpeg
Saleh P Daulay, Anggota Fraksi PAN DPR RI (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

‎JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Anggota komisi VII DPRRI Saleh Partaonan Daulay menilai keputusan MK menolak nikah beda agama sudah tepat dan sesuai HAM. Oleh sebab itu dia menghimbau semua pihak menghormatinya.

"Kalau dipaksakan membolehkan nikah beda agama, dikhawatirkan justru akan mengganggu keyakinan umat beragama. Membela HAM, tidak boleh mengganggu HAM orang lain," ujar Saleh kepada wartawan, Minggu (21/6/2015).

Saleh Daulay menilai keputusan itu telah melalui proses pemeriksaan materi perkara secara mendalam. Para hakim MK juga telah mendengar pendapat para ahli dan juga saksi-saksi yang dinilai terkait secara langsung dengan persoalan tersebut.

Saleh mengaku sependapat dengan argumen hakim yang menyebutkan bahwa pernikahan tidak saja menyangkut persoalan administratif kenegaraan. Tetapi juga berkaitan dengan persoalan spiritual dan sosial.

"Bahkan, menurut saya, persoalan spiritual sangat dominan dalam pernikahan. Banyak agama menyebut bahwa pernikahan adalah peristiwa sakral sehingga harus dilakukan sesuai dengan tuntunan dan pedoman agama yang dianut oleh warga negara," ungkapnya.

Anggota Fraksi PAN DPR RI ini menyatakan hampir semua agama menolak pernikahan beda agama. Fakta tersebut, menunjukkan keputusan hakim telah mengakomodir suasana kebatinan masyarakat yang memang tidak menyetujui nikah beda agama disahkan secara undang-undang.(ris)

tag: #saleh daulay  #pan  #pernikahan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement