Oleh Sahlan Ake pada hari Minggu, 16 Okt 2022 - 07:50:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Di Usia 55 Tahun Hariara Tambunan: Loyalitas Tak Pernah Putus Demi Kebesaran Golkar

tscom_news_photo_1665881447.jpg
Hariara Tambunan (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Memaknai 55 tahun usia Hariara Tambunan, SE.SH di tahun 2022 ini, dia dedikasikan berkah hidupnya untuk kebesaran Partai Golkar.

Tekad Hariara Tambunan bukan isapan jempol belaka. Karakter Wakil Bendahara Umum DPP Partai Golkar ini adalah loyal dan penuh kerja keras.

Mungkin menjadi pilihan dua kata yang tepat untuk menggambarkan sosok Hariara Tambunan, yang baru saja merayakan ulang tahunnya yang ke 55 pada 12 Oktober 2022, Rabu kemarin.

Berbekal ilmu ekonomi yang diraihnya dari Fakultas Ekonomi Universitas Kristen Indonesia (UKI) dan keilmuan hukum dari Fakultas Ilmu Hukum STIH Jagakarsa, Hariara berhasil menapakkan kakinya di salah satu partai besar Indonesia, Partai Golkar, Hipakad, dan IKA FEB UKI. Tak hanya itu, Hariara juga mumpuni dalam melakoni bisnis energi.

Tak pendek perjalanan yang harus ditempuh Hariara, sejak memasuki DPD I Partai Golkar DKI Jakarta sebagai Pengurus pada tahun 1987. Lalu DPP AMPI, PP FKPPI, Barisan Muda Kosgoro (BMK) 1957, menjadi salah satu pendiri AMPG sebagai sayap pemuda Partai Golkar hingga kepengurusan DPP telah mewarnai perjalanan politik Hariara.

Tapi bukan perjalanan panjang di dunia politik yang membuat Hariara istimewa, melainkan loyalitasnya pada Partai Golkar yang tak lekang melewati waktu.

Tak terlihat sedikit pun niat Hariara untuk berpindah partai, walaupun beberapa kali periode pemilihan legislatif, ia tak bisa menduduki kursi anggota dewan. Bukan karena tidak memiliki kapasitas dan kapabilitas. Namun hanya soal waktu serta faktor keberuntungan saja yang belum berpihak kepadanya untuk melangkah ke Senayan.

Tentunya hal ini merupakan suatu hal yang patut diacungi jempol. Karena sejatinya, Hariara bisa saja berpindah ke partai lainnya, karena kompetensinya yang mumpuni.

Terlebih networkingnya baik di organisasi pemuda, kampus, adat, bisnis serta di parpol lain pun, tak perlu diragukan lagi relationshipnya membangun komunikasi dan silaturahmi.

Kerja keras dan ketekunan pun terlihat dalam perjalanan bisnis Hariara.

Berawal dari berjualan arloji ketika SMA, lalu melewati berbagai tantangan bidang usaha, kini pengusaha sukses berhasil membangun bisnis energinya melalui Ranyza Sejahtera Group yang bergerak di bidang sumber daya alam dan kelistrikan.

“Salah satu pesan ibunda saya adalah bahwa hidup harus seperti air bisa mengalir kemana saja dan menyesuaikan bentuk wadah atau tempatnya,” tutur Hariara kepada suarakarya.id di sela-sela persiapan kegiatan Jalan Sehat Bersama Partai Golkar dalam rangka HUT 58 Tahun Partai Golkar yang digelar secara serentak secara nasional ditandai pembukaan oleh Ketum Partai Golkar, Airlangga Hartarto, di Jakarta, Minggu (16/10/2022).

Hariara menyebut pilihan energi sebagai bisnis utamanya adalah karena energi merupakan kebutuhan masyarakat luas yang sangat strategis dan sangat dibutuhkan di saat energi fosil akan semakin berjuang.

Sehingga ia mengharapkan bisnisnya ini akan mampu berkontribusi besar untuk mensejahterakan rakyat Indonesia, khususnya di sektor energi. Terlebih dunia hari ini, esok, dan yang akan datang menghadapi ancaman krisis energi. Maka pilihan bisnis energi yang ramah lingkungan akan dijajagi Hariara.

Mumpuni Kelola Organisasi

Capaian apik Hariara di bidang politik dan bisnis ternyata tak berbeda jauh dengan amanah organisasi alumni di Universitas Kristen Indonesia (UKI) yang dibebankan padanya.

Pada 20 Agustus 2022 lalu, Hariara kembali didapuk untuk melanjutkan kepercayaan rekan-rekannya di IKAFEB UKI sebagai ketua umum.

Bukannya tak beralasan, Hariara kembali dipercayai oleh para alumnus FEB UKI tersebut. Di bawah kepemimpinannya, Ikatan Alumni FEB UKI menjadi Ikatan alumni yang kuat, kokoh, solid, saling gotong royong, dan menjunjung tinggi solidaritas dan menjadi organisasi alumni yang mampu berkontribusi bagi pencerahan dan inspirasi bangsa.

Ditambah lagi, IKAFEB UKI juga acap kali menggelar kegiatan berskala nasional, kegiatan sosial hingga menggelar ajang olahraga dan memberikan beasiswa.

"Banyak kegiatan yang telah dilakukan IKAFEB-UKI berskala nasional dengan menghadirkan tamu-tamu penting sekelas Menteri di Kabinet SBY dan Pak Jokowi, lalu Ketua MPR, Ketua DPD, hingga saya bisa membawa IKAFEB UKI mengikuti sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan selama 3 kali berturut-turut di zaman Ketua MPR Taufiq Kiemas. Dalam sosialisasi 4 Pilar Kebangsaan tersebut kita libatkan sebanyak 1.000 orang di Gedung DPR/MPR hingga tiga kali," ungkap tokoh pemuda ini.

Di bawah kepemimpinannya, Hariara juga mendorong keselarasan akademisi dengan pemerintah, dengan memberikan masukan yang telah melewati kajian yang dapat dipertanggungjawabkan.

Tak berbeda jauh, putra mendiang Letnan Dua TNI AD Frits Tambunan ini juga berhasil membawa Hipakad untuk terus konsisten menjaga persatuan dan kesatuan negeri ini.

Sang ayah yang ikut berjuang untuk kemerdekaan Indonesia di Tapanuli akhirnya mengambil pensiun dini sebagai TNI sejak tahun 1950 ketika pindah ke ibukota dan beralih profesi sebagai pengusaha pom bensin, transportasi bus antar kota dan pedagang perhiasan dibawah CV Hariara yang namanya diambil dari putra bungsu mereka yang lahir tahun 1967.

Hariara Tambunan terpilih sebagai Ketua Umum Hipakad (Himpunan Putra Putri Keluarga Angkatan Darat) Ormas KBT TNI secara nasional tahun 2017 dan pada 20 September 2022 lalu terpilih kembali secara aklamasi dari 21 DPD yang terbentuk untuk memercayakannya sebagai Ketua Umum Hipakad periode 2022 - 2027.

Berbekal kemampuan bisnis mumpuni, Hariara membawa Hipakad menjadi bagian dalam pembangunan berkelanjutan Indonesia, dengan mengajak seluruh anggotanya untuk mampu mengembangkan potensi yang ada dalam menciptakan peluang, akses, dan lapangan pekerjaan.

Loyalitas Tak Pernah Putus

Sedangkan di Beringin, Hariara termasuk kader yang loyal kepada partai dan pimpinan partai . Perjalanan panjang sebagai kader Golkar dimulainya sejak tahun 1987 lulus SMA menjadi pengurus Golkar di tingkat kecamatan dan naik terus sampai saat ini sudah 5 periode di Dewan Pimpinan Pusat Partai Golkar.

Saat terjadi gonjang-ganjing Kosgoro antara kubu Agung Laksono dengan Hayono Isman, Hariara berani pasang badan dengan mengirim satgas BMK 57 DKI untuk mengamankan segala sesuatunya di PN Jakarta Barat yang mensidangkan gugatan Kino Golkar tersebut.

Hariara bersama BMK 57 berusaha mengamankan kubu Kosgoro 1957 yang dipimpin HR Agung Laksono.

Ia berkepentingan untuk mengamankan organisasi yang sah sebagai pendiri Golkar karena dirinya tercatat sebagai Pimpinan BMK 1957 dan juga salah satu Pendiri AMPG sebagai sayap pemuda Partai Golkar bersama Rambe Kamarul Zaman, TM Nurlif, dan Mujib Rohmat.

Sebagai kader Golkar sejati tentu Hariara berkomitmen menaikkan panji-panji Partai hingga ke seluruh wilayah termasuk di Dapil dimana dia ditugaskan oleh DPP Partai Golkar.

Fungsionaris Pusat Partai Golkar ini pernah ditugaskan sebagai caleg di Sumatera Utara lalu DKI Jakarta untuk beberapa Pemilu.

Saat di Dapil DKI Jakarta 1 (Jakarta Timur) Hariara pernah membuat program spektakuler dengan menggelontorkan bantuan beras sebanyak 100 ton secara cuma-cuma dan rutin kepada masyarakat arus bawah.

Dan pada momentum HUT Partai Golkar ke 58 Tahun ini, Hariara Tambunan siap mensukseskan Jalan Sehat yang akan berlangsung besok Minggu, 16 Oktober 2022, yang kick off-nya akan dihelat dari DKI Jakarta oleh Ketua Umum DPP Partai Golkar Airlangga Hartarto dan ditargetkan mendapat pengakuan Rekor MURI perserta jalan sehat terbanyak di seluruh Indonesia.

"Sudah sangat tepat penyelenggaraan jalan sehat 58 Tahun Partai Golkar digelar se-Indonesia. Selain olah raga ini sangat merakyat, sederhana, mudah dan murah bisa dilakukan oleh seluruh kalangan masyarakat. Dan ini menunjukkan bahwa Ketum Golkar Pak Airlangga yang juga Menko Perekonomian selalu memberikan pesan optimis bahwa kesehatan dengan berolah raga akan terus menguatkan imun kita di tengah pandemi sudah semakin turun dan ekonomi Indonesia akan bangkit lebih kuat," urai Hariara.

Tokoh Golkar senior DKI Jakarta ini memang dikenal tidak sayang untuk mensukseskan kegiatan yang tujuannya untuk memberikan kemanfaatan untuk orang banyak. Terlebih lagi bagi masyarakat yang kurang mampu.

Ini karena filosofi hidup yang dia yakini adalah berbagi berkat bagi semua orang itu adalah hakikat kita sebagai manusia dan menjadi alasan Tuhan mengapa dirinya dan keluarganya diberikan berkat sehat dan rezeki yang terlampau cukup.

"Semoga saya selalu didoakan berumur panjang hingga saya bisa berbuat lebih lagi untuk pengabdian kepada organisasi, khususnya Partai Golkar. Karena saya yakini Golkar adalah terbaik menjadi kekuatan sosial politik untuk menjaga NKRI dan memastikan pembangunan hadir untuk meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran bersama," tegas Hariara Tambunan.

Selamat Ulang Tahun Bung Hariara Tambunan ke 55 Tahun. Usia yang sangat matang dan kenyang pengalaman untuk kembali mendedikasikan, kapasitas, dan kapabilitas untuk kemajuan dan kejayaan bangsa lewat perjuangan di Partai Golkar.

tag: #partai-golkar  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement