Ragam
Oleh Yunan Nasution pada hari Selasa, 23 Jun 2015 - 11:13:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Lima Klub Sepakbola Elite Eropa Ini Miliki Masjid di Dalam Stadionnya

66Allianz-Arena.jpg
Stadion Allianz Arena (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Dulu pemain muslim yang bermain untuk liga-liga elit eropa akan kesulitan menemukan tempat khusus untuk beribadah utamanya solat. Kadang mereka menyiasati menggunakan ruang ganti pemain sekadar untuk menggelar sajadah.

Kini beberapa stadion klub bola eropa telah dilengkapi dengan tempat ibadah agama Islam sehingga memudahkan para pemain muslim bahkan mungkin penonton muslim untuk menunaikan kewajibannya. Stadion-stadion itu adalah:

1. Etihad Stadium (Manchester City)

Pelopor itu adalah Etihad Stadium, kandang dari klub Manchaster City, Jawara liga inggris edisi tahun 2011-2012. Lebih-lebih saat kedatangan milyarder asal Timur Tengah, Sheikh Mansour Zayed Al Nahyan yang membeli Manc City . Selain berhasil mengubah status klub medioker menjadi penghuni papan atas Liga Primer Inggris, Sheikh Mansour juga merombak filosofi bisnis sepakbola Man C dengan tidak menafikkan sisi religi-nya.

2. Allianz Arena (Bayern Muenchen)

Kebahagiaan para pemain muslim itupun kini menular ke arah tengah benua eropa, tempat sebuah klub berjuluk the Bavarian bermukim. Ya, Allianz Arena, Stadion di eropa itu kini akan membangun sebuah masjid sebagai apresiasi kontribusi yang di sumbangakan oleh para pemain muslim Bayern Munchen. Mereka adalah Frank ‘Bilal’ Ribery, Xherdan Shaqiri dan Emre Can

3. St James' Park (Newcastle United)

Newcastle United dengan stadiannya, St. James Park yang sering disebut juga Stadion Direck Arena. Walaupun bertitel “ St.” yang selalu identik dengan pendeta, namun nyatanya manajemen stadion mengerti bahwa agama sangat berpengaruh besar terhadap mentalitas pemain bola setelah masuk ke tengah lapangan. Tak terkecuali para pemain muslim.

4. Kazan Arena (Rubin Kazan)

Klub elite Rusia, Rubin Kazan, berlokasi di Kazan Arena. Pihak klub memutuskan untuk membangun masjid stadion karena mayoritas penduduk di Kazan adalah muslim. Kazan Arena sendiri baru dibuka pada Juli 2013 lalu. Rencananya stadion ini akan menjadi tuan rumah FIFA Confederations Cup 2017 dan tuan rumah Piala Dunia 2018 di Rusia mendatang.

5. Ewood Park (Blackburn Rovers)

Markas Blackburn Rovers, Ewood Park, merupakan salah satu stadion yang memiliki masjid di Inggris. Tidak hanya masjid, Ewood Park juga membangun gereja untuk memfasilitasi para fans yang memiliki latar belakang agama beragam. Stadion ini berkapasitas 31 ribu supporter dan didirikan pada tahun 1882 silam.(yn)

Terus pantau berita kematian Angeline disini

tag: #stadion sepakbola  #klub eropa  #masjid  #ramadhan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Ragam Lainnya
Ragam

Film Buya Hamka Luar Biasa, Wajib Ditonton dan Perlu

Oleh Abdullah Al Faqir/Adang Suhardjo
pada hari Sabtu, 29 Apr 2023
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketika saya menerima undangan dari Chandra Tirta W saat itu saya sedang di Bandung, dan saya mempercepat kepulangam ke Jakarta dari rencana sebelumnya akan pulang hari ...
Ragam

Abdul Wachid Gelar Acara Bukber dan Santunan Bersama 1000 Anak-anak Yatim dan Piatu

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari fraksi partai Gerindra, Abdul Wachid mengadakan acara buka bersama dan santunan bagi seribuan anak-anak Yatim dan Piatu di kediamannya. Rangkaian ...