Berita
Oleh Ilyas pada hari Kamis, 22 Okt 2015 - 12:37:26 WIB
Bagikan Berita ini :

Siang Ini, Presiden Deklarasikan Hari Santri di Masjid Istiqlal

29Jokowi.jpg
Jokowi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Presiden Joko Widodo akan mendeklarisasikan Hari Santri yang telah ditetapkan 22 Oktober di Masjid Istiqlal Jakarta, Kamis (22/10/2015).

Berdasarkan jadwal Biro Pers Istana, acara deklarasi akan dilaksanakan pada pukul 14.00 WIB.

Ketua PBNU bidang Hukum Robikin Emhas mengatakan jajaran PBNU dan segenap warga nahdliyin menyambut baik dan mendukung penuh terbitnya Kepres Hari Santri yang jatuh pada 22 Oktober.

"Penetapan Hari Santri oleh Presiden merupakan bentuk pengakuan dan penghargaan kepada para santri dan kyai yang telah mendarma-bhaktikan diri untuk kemerdekaan dan keutuhan NKRI," kata Robikin di Jakarta, Kamis.

Robikin mengungkapkan ditetapkan Hari Santri ini berawal masa awal kemerdekaan, hal itu ditandai dengan lahirnya fatwa Resolusi Jihad 22 Oktober 1945 oleh Hadratus Syaikh KH Hasyim Asyary yang mewajibkan semua umat Islam yang bertempat tinggal dalam radius 89 kilometer untuk melakukan perlawanan fisik terhadap NICA.

"Itulah yang menggelorakan semangat perlawanan warga Surabaya dan sekitarnya terhadap NICA yang melahirkan peristiwa 10 November 1945 yang diperingati sebagai Hari Pahlawan," katanya, dilansir Antara.

Robikin mengkisahkan bahwa sebelum Bung Tomo bergerak memimpin pasukannya, ia terlebih dahulu sowan ke Hadratus Syaikh KH. Hasyim Asyary meminta doa dan dukungan.

"Singkatnya, Rosulusi Jihad yang kini diperingati sebagai Hari Santri adalah upaya menggelorakan semangat juang oleh para kyai dan santri. Kalau dahulu untuk melawan kolonial, sekarang melawan kemiskinan, kebodohan dan ketertinggalan, serta untuk meneguhkan keutuhan dan kedaulatan NKRI," kata Robikin. (iy)

tag: #Hari Santri Nasional  #Jokowi  #masjid istiqlal  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...