Oleh Sahlan Ake pada hari Rabu, 03 Mei 2023 - 16:50:48 WIB
Bagikan Berita ini :

Bamsoet Apresiasi Dukungan Kemenparekraf Terhadap Penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2023

tscom_news_photo_1683107448.jpg
Bamsoet Ketua MPR (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR RI sekaligus Ketua Umum Ikatan Motor Indonesia (IMI) Bambang Soesatyo mengapresiasi dukungan Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno beserta jajaran Kemenparekraf terhadap penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2023 yang diselenggarakan pada 3 dan 4 Juni 2023 di Jakarta International E-Prix Circuit (JIEC).

Dukungan Kemenparekraf menjadikan Jakarta E-Prix 2023 sebagai sustainable sport tourism unggulan Indonesia. Sekaligus memperkuat sustainability electrical system kendaraan listrik di Indonesia, sehingga menjadikan Indonesia sebagai kiblatnya industri dan olahraga kendaraan listrik dunia.

Dukungan Kemenparekraf dalam kesuksesan Jakarta E-Prix 2023 antara lain dengan memasukan Jakarta E-Prix 2023 dalam Kharisma Event Nusantara 2023 Kemenparekraf hingga turut terlibat dalam mempromosikan Jakarta E-Prix 2023 melalui berbagai media publikasi yang dimiliki Kemenparekraf. Diantaranya promosi melalui videotron, di berbagai event internasional yang dihadiri Kemenparekraf, hingga memanfaatkan jaringan di KBRI, KJRI, dan Diaspora di berbagai negara.

"Dukungan Kemenparekraf terhadap penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2023 semakin menjadikan Indonesia sebagai destinasi event motorsport internasional. Dari mulai MotoGP, MXGP, World Superbike, F1 Powerboat, serta Formula E telah hadir di Indonesia. Kedepan juga akan ada Formula 1 (F1), World Rally Championship, serta World Championship Air Race (Red Bull). Dengan dukungan Kemenparekraf tersebut, IMI akan menghadirkan olahraga internasional dari mulai balapan di tanah, aspal, laut, hingga udara, demi meningkatkan prestasi atlet nasional serta citra Indonesia di mata dunia. Sekaligus memberikan multiplier effect economy yang besar bagi pembangunan bangsa," ujar Bamsoet usai bertemu Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Sandiaga Uno, di Kantor Kemenparekraf, Jakarta, Rabu (3/5/23).

Turut hadir panitia penyelenggara Jakarta e-Prix 2023, antara lain Ketua OC sekaligus Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil IMI Pusat Ananda Mikola, Ketua Race sekaligus Deputi Wakil Ketua Umum Olahraga Mobil IMI Pusat Bagoes Hermanto, serta Project Director Ivan Permana. Hadir pula Direktur Utama JakPro Iwan Takwin, Strategic Event Planning Director Formula E Operation (FEO) Gemma Roura Serra, Wakil Ketua Umum Hubungan Antar Lembaga IMI Pusat Junaidi Elvis, serta Komunikasi dan Media IMI Pusat Hasby Zamri.

Jajaran Kemenparekraf yang hadir antara lain, Direktur Event Nasional dan Internasional Desi Ruhati, Direktur Pemasaran Regional 1 Wisnu Sindhutrisno, serta Direktur Wisata Minat Khusus Yohanes De Brito Titus Haridjati.

Ketua DPR RI ke-20 dan mantan Ketua Komisi III DPR RI bidang Hukum, HAM, dan Keamanan ini menjelaskan, Jakarta E-Prix 2023 akan menampilkan ikon Jakarta, yakni simbol Monumen Nasional, gigi balang (ornamen pada tepi atap rumah Betawi), ondel-ondel, dan kuku macan (rantai kuku macan simbol kegagahan lelaki Betawi). Untuk menyemarakan penyelenggaraan Jakarta E-Prix 2023, panitia telah menyiapkan berbagai event dan atraksi menarik. Diantaranya, pada 1 Juni 2023, seluruh pembalap Formula E akan parade di JIEC menggunakan baju daerah dari berbagai wilayah Indonesia. Sehingga bisa mempromosikan kekuatan seni dan budaya Indonesia di mata dunia.

Formula E terbukti telah memberikan hasil positif bagi county, city, and brand branding. Sebagaimana pernah disampaikan Co-Founder Formula E Operation (FEO) Alberto Longo, Jakarta e-Prix 2022 lalu merupakan yang terbaik dalam sejarah penyelenggaraan Formula E. Bahkan juga bisa dinilai sebagai yang terbaik dalam penyelenggaraan kejuaraan motorsport dunia.

"Selain dihadiri 60 ribu penonton yang datang langsung ke JIEC dan kawasan Ancol, Jakarta e-Prix 2022 juga disaksikan lebih dari 10 juta penonton yang menonton melalui siaran langsung televisi dan berbagai media lainnya. Impresi di media sosial juga sangat besar, mencapai 22,6 juta interaksi di konten yang disajikan di media sosial Formula E. Untuk Jakarta E-Prix 2023, kita harapkan terjadi peningkatan," jelas Bamsoet.

Wakil Ketua Umum Partai Golkar dan Kepala Badan Hubungan Penegakan Hukum, Pertahanan dan Keamanan KADIN Indonesia ini menerangkan, Jakarta E-Prix 2023 menargetkan 20.000 penonton langsung di area sirkuit dan 50.000 penonton di panggung hiburan yang tersebar di kawasan Ancol Taman Impian pada 3-4 Juni 2023. Tiket penjualan menonton Jakarta E-Prix 2023 sudah bisa dibeli melalui situs jakartaeprixofficial.com. Tiket tersedia dari berbagai kategori, yakni VIP dan VVIP, Corporate Suite, Grandstand, serta Circuit Festival, dengan harga jual bervariasi dari Rp 750 ribu hingga Rp 20 juta.

"Selain menonton balapan Jakarta E-Prix 2023, penonton juga bisa menyaksikan performance dari berbagai musisi internasional dan nasional. Antara lain, DJ Alan Walker, DJ Sam Feldt, Slank, Ari Lasso, Judika, Kla Project, RAN, Sergio Berlino, Sam Feldt, Angel Pieters, Oni and Friends, serta Angger Dimas. Penampilan musik turut memperkuat branding Jakarta E-Prix 2023 sebagai sportainment unggulan Indonesia untuk dunia," pungkas Bamsoet.

tag: #bamsoet  #mpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement