Oleh Sahlan Ake pada hari Sabtu, 02 Mar 2024 - 09:48:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Transformasi SMK Menjadi Lebih Baik Harus Konsisten Dilakukan

tscom_news_photo_1709347704.jpg
Lestari Moerdijat (Sumber foto : MPR)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Upaya mewujudkan sekolah menengah kejuruan (SMK) yang mampu menciptakan sumber daya manusia (SDM) yang berdaya saing harus terus didorong dalam rangka menjawab berbagai tantangan di masa depan.

"Langkah pengembangan SDM yang mampu mengakselerasi proses pembangunan nasional harus terus diupayakan dan dipersiapkan secara matang antara lain melalui transformasi SMK yang lebih baik," kata Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat, dalam keterangan tertulisnya, Jumat (1/3).

Badan Pusat Statistik (BPS) mencatat ada sebanyak 7,99 juta pengangguran di Indonesia per Februari 2023. Jumlah itu mencapai 5,83% dari jumlah angkatan kerja 146,62 juta orang.

Dari jumlah pengguran itu, terbanyak (9,60%) merupakan lulusan SMK. Jumlah ini cenderung turun jika dibandingkan dengan catatan Februari 2022 yang sebesar 10,38% dan 2021 sebesar 11,45%.

Berdasarkan data tersebut, menurut Lestari, sejumlah langkah peningkatan kualitas SMK harus konsisten dilakukan, agar pola pengajaran di SMK mampu menghasilkan lulusan sesuai dengan yang diharapkan.

Rerie, sapaan akrab Lestari mendorong agar upaya transformasi SMK mampu meningkatkan persentase lulusannya bisa bekerja dan berwirausaha, berkemampuan berbahasa asing dan meningkatkan jumlah praktisi industri mengajar di SMK.

Selain itu, Rerie yang juga anggota Komisi X DPR RI itu berharap sektor industri mampu meningkatkan kontribusinya dalam pengembangan SMK.

Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu menilai peningkatan kualitas pendidikan vokasi merupakan langkah penting dalam melahirkan SDM yang lebih berdaya saing dan sesuai dengan kebutuhan industri, sehingga dapat berkontribusi signifikan dalam mengakselerasi pembangunan nasional.

tag: #mpr  #lestari-moerdijat  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Lainnya
Berita

TB Hasanuddin Mengecam Bentrokan Brimob dan Marinir di Sorong Papua

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 14 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengecam insiden bentrokan antara prajurit TNI dengan anggota polisi Brigade Mobil (Brimob) di Kota Sorong, Papua ...
Berita

TB Hasanuddin: Perubahan KKB Jadi OPM Lebih Realistis, Tapi Seluruh Lembaga Negara Harus Sepakat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Mayjen TNI (p) TB Hasanuddin mengungkapkan  penyebutan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) menjadi Organisasi Papua Merdeka (OPM) memiliki ...