Oleh Fath pada hari Kamis, 13 Jun 2024 - 12:31:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Bakal Beri 2 Slot OPD ke Parpol, Pengamat Sebut Langkah Cabup Dairi Junimart Girsang Brilian

tscom_news_photo_1718256677.jpg
Junimart Girsang Politikus PDIP-Wakil Ketua Komisi II DPR RI (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Pengamat sosial politik Sumatera Utara yang juga akademisi USU Wara Sinuhaji memuji langkah Calon Bupati Dairi Junimart Girsang yang akan merangkul semua partai untuk berkontribusi dalam penyelenggaraan pemerintahan guna mendorong percepatan pembangunan.

"Pemberian 2 slot OPD (Organisasi Perangkat Daerah) kepada partai politik peraih kursi di DPRD Dairi merupakan langkah brilian, terobosan baru. Saya kira langkah ini cukup masuk akal untuk bisa menyatukan semua potensi untuk kemajuan Dairi," kata Wara Sinuhaji ketika ditanya wartawan, Kamis (13/6).

Wara menyebut ide brilian Junimart tidak terlepas dari pengalamannya yang cukup tinggi sebagai anggota DPR RI 2 periode. Ia tentu telah memiliki data lengkap mengenai peluang, tantangan dan hambatan pembangunan di sejumlah daerah.

Berbekal pengalaman empirik itu apalagi dengan perbandingan ke daerah di Indonesia lainnya bahkan pembangunan di luar negeri yang pernah ia kunjungi, tentu Junimart sebagai seorang politisi telah memiliki "insting" tajam untuk membangun kampung kelahirannya Kabupaten Dairi.

Slogan Junimart, "Dairi Satu, Semua untuk Satu dan Satu untuk Semua" disebutnya memiliki filosopi kuat untuk merangkul semua kekuatan bersama-sama membangun Dairi.

"Menurut analisa saya dengan merangkul semua partai berkontribusi dalam pemerintahan akan membuahkan suasana kegotongroyongan di semua sendi kehidupan di Kabupaten Dairi," tegasnya.

INFRASTRUKTUR

Di sisi lain, Wara meminta Junimart Girsang jika kelak dipilih rakyat menjadi bupati untuk fokus membenahi infrastruktur jalan dan jembatan sebagai skala prioritas utama. Menurutnya infrastruktur jalan dan jembatan harus ditangani dengan konsep pembangunan masa panjang.

"Artinya jangan hanya menutup jalan berlubang dan memperbaiki yang rusak. Tetapi harus dibenahi untuk jangka panjang. Diperlebar dan ditingkatkan kualitas aspal , bahkan di beberapa titik harus aspal beton," ungkapnya .

Pembenahan infrastruktur harus menjadi skala prioritas karena hal itu sangat mempengaruhi pembangunan di sektor lainnya. Seperti pertanian dan pariwisata yang tidak akan bisa maksimal berkembang jika infrastruktur belum beres.

tag: #  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
DD MEMULIAKAN ANAK YATIM
advertisement
Lainnya
Berita

Unggul di Survei, Kaesang-Witjaksono Dinilai Cocok Pimpin Jawa Tengah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 17 Jul 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Partai Solidaritas Indonesia (PSI) Kaesang Pangarep dan pengusaha asal Kabupaten Pati, Witjaksono menempati urutan teratas survei calon gubernur dan calon wakil ...
Berita

OPM Bakar Gedung SMP, DPR Minta Pemerintah Segera Buka Sekolah Darurat

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi X DPR RI mengecam peristiwa pembakaran gedung sekolah yang dilakukan  Organisasi Papua Merdeka (OPM) di Kampung Borban, Distrik Okbap, Kabupaten Pegunungan ...