Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Kamis, 02 Jul 2015 - 11:57:14 WIB
Bagikan Berita ini :

Cegah Serangan Asing Lewat Siber, Tantangan Kepala BIN Baru

33Ilustrasi-serangan-cyber.jpg
Ilustrasi serangan siber (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pencalonan Sutiyoso sebagai kepala Badan Intelijen Negara (BIN) telah disetujui Komisi I DPR, setelah 10 fraksi menyepakati kepala BIN usulan Presiden Joko Widodo atau Jokowi tersebut.

Pengamat militer dan intelijen, Susaningtyas Kertopati (Nuning) mengatakan, proses persetujuan DPR bukanlah proses terakhir, sekarang bagaimana Sutiyoso dapat menyelesaikan tantangan ke depannya, terutama dalam memerangi serangan asing melalui siber.

"Kepala BIN kedepan tantangannya lebih berat, ancaman terorisme dan separatisme makin besar, apalagi dengan semakin terbukanya kita pada masuknya pengaruh asing melalui siber," kata Nuning pada TeropongSenayan, Kamis (2/7/2015).

Menurut Nuning, BIN adalah mata telinga presiden, jadi membutuhkan sosok yang cocok dengan presiden dan menjiwai visi misi yang diemban oleh pemerintah yang dipimpinnya.

"Tentu saja terpilihnya Sutiyoso sebagai KaBIN semoga tak menjadikan BIN mundur ke belakang dalam early warning system. Sutiyoso sendiri sudah lama tak dalam sistem, semoga saja dirinya masih memiliki kepekaan seorang perwira intel," harapnya.

Mantan anggota DPR ini berharap, Sutiyoso dapat menjalankan amanah presiden dan rakyat dalam menjalankan tugas-tugasnya. Menurutnya, penguatan dalam penanganan potensi gangguan, ancaman faktual, gangguan nyata dan ambang gangguan harus benar-benar dilaksanakan secara serius dan profesional.

"Intelijen dalam lingkup BIN itu harus koordinatif dan solutif. Penguatan kapasitas dan kapabilitas intelijen kedepan harus dilengkapi dengan pelatihan dan pendidikan. Pasalnya kian kedepan sistem keamanan dan pertahanan negara kian luas dan makin kompetitif. Jadi bukan semata hanya terkait soal intel intai dan tempur (taipur), tapi juga mengedepankan intel proxy dan juga siber," tandasnya.(yn)

tag: #serangan siber  #kepala bin  #sutiyoso  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bersinergi dalam Beragam Aksi Kebaikan, Alumni ITB 1997 Gelar Acara Silaturahmi

Oleh Fath
pada hari Minggu, 05 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Alumni Institut Teknologi Bandung (ITB) Angkatan 1997 menegaskan kebersamaan dan komitmennya untuk beraksi dalam berbagai bentuk kegiatan positif dalam Temu Kangen Syner97 ...
Berita

Jemaah Haji Kloter Pertama Mulai 12 Mei

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Agama (Kemenag) melaporkan, pemberangkatan perdana jemaah Haji 1445 Hijriah/2024 Masehi pada 12 Mei 2024. Di mana sebanyak 22 kelompok terbang (kloter) akan ...