Berita
Oleh Aris Eko pada hari Kamis, 02 Jul 2015 - 12:43:48 WIB
Bagikan Berita ini :
Bedah Dana Aspirasi atau UP2DP

Bisa Menyambung Jembatan Indiana Jones, Banten

73IMG_20150630_175300_1435810186432.jpg
Ali Yahya (Sumber foto : Aris Eko/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Masih ingat dengan putusnya jembatan gantung yang menghubungkan Desa Sangiang Tanjung dengan Pasir Tanjung di Lebak, Banten beberpa tahun lalu. Hebohnya mendunia sehingga dikenal dengan nama jembatan Indiana Jones van Banten.

Jika saja dana Usulan Program Pembangunan Daerah Pemilihan (UP2DP) atau Dana Aspirasi sudah berjalan maka jembatan itu segera bisa diperbaiki. Lho, apa hubungannya? Dana UP2DP diyakini bisa mengatasi atau sesuai untuk mengatasi hal-hal seperti itu diberbagai daerah.

"Paling sesuai dana UP2DP untuk mengatasi kasus seperti putusanya jembatan gantung di Lebak, Banten karena alokasi dana pembangunan daerah terbatas," ujar Ali Yahya, politisi Golkar yang juga perumus paket UU Keuangan Negara kepada TeropongSenayan, Kamis (2/7/2015) di Jakarta.

Ali Yahya mengungkapkan dana keuangan daerah yang terdiri Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Alokasi Khusus (DAK) maupun Dana Bagi Hasil (DBH) umumnya sudah terprogram penggunaannya dalam APBD. Selain itu juga belum bisa mencakup seluruh persoalan pembangunan di daerah.

Menurut Ali Yahya usulan dana UP2DP masuk akal dan rasional. Pasalnya, banyak berbagai persoalan pembangunan yang tidak diketahui atau terekam oleh pemerintah. Sehingga tidak bisa masuk dalam progam pembangunan, baik dalam APBD maupun APBN.

"Nah, para anggota DPR yang yang langsung berhubungan dengan konstituen atau masyarakat di Daerah Pemilihan (Dapil) acap mendapat masukan maupun permintaan. Inilah yang bisa diakomodir dalam dana UP2DP," papar Ali yang juga mantan anggota Badan Anggaran DPR beberapa periode ini.(ris)

tag: #ali yahya  #dana aspirasi  #jembatan gantung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

DPR Sebut RUU Penyiaran Tak Berangus Kebebasan Pers

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 14 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi I DPR RI Bobby Adhityo Rizaldi merespons kritik terhadap draf Revisi Undang-Undang (UU) Nomor 32 Tahun 2002 tentang Penyiaran. Menurutnya, tidak ada unsur ...
Berita

Formappi Desak DPR Segera Selesaikan 45 RUU di Akhir Masa Jabatan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Peneliti Forum Masyarakat Peduli Parlemen (Formappi), Lucius Karus mendesak DPR segera merampungkan 45 RUU yang masuk Prolegnas 2024. Ia menyebut RUU yang harus ...