Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Sabtu, 11 Jul 2015 - 22:01:24 WIB
Bagikan Berita ini :

Putusan MK Soal Politik Dinasti, Catatan Hitam Demokrasi

77gedung mk.jpg
Gedung MK (Sumber foto : eko hilman)
Teropong Juga:

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Anggota Komisi II DPR Miryam S Haryani menyatakan putusan MK yang menggugurkan aturan mengenai pembatasan politik dinasti menjadi catatan hitam dalam membangun demokrasi yang sehat dan berkemajuan.

"Kali ini nampaknya MK terlalu takut mengambil keputusan diluar frame hukum yang sudah menjadi kebiasaan, padahal pimpinan MK sebelumnya sudah sering mencontohkan itu namun tidak dijadikan pertimbangan dan pelajaran," ujar Miryam kepada wartawan di Jakarta, Sabtu (11/7/2015).

Disampaikan Mantan anggota pansus RUU ini, DPR dan Pansus Pilkada telah menyusun pasal yang bersangkutan. Menurutnya, dalam perumusan pasal tersebut sudah melalui pertimbangan yg sangat mendalam dan menyeluruh.

"Bahkan kami harus siap diteror oleh pihak-pihak tertentu yang menginginkan pasal ini dihapuskan. Pasal ini akhirnya menjadi sebuah keputusan yang kita ambil di pansus dulu karena kami ingin membangun demokrasi yang jauh lebih substansial serta menjadikan kontestasi dalam pilkada lebih terbuka," ungkap ketua umum Srikandi Hanura ini.

Selama ini, kata Miryam, pilkada cenderung hanya menjadi ruang segelintir orang yang punya akses kuat dalam dunia politik. Terutama, ucap Miryam, para petanahana dalam rangka melanggengkan kekuasaan yang dimilikinya.

"Padahal jika kami mau egois maka partai politik tidak akan mau mengambil resiko ini, namun demi kepentingan bangsa yg lebih besar akhirnya kami bersepakat untuk membatasi adanya dinasti," jelasnya.(ss)

tag: #catatan hitam demokrasi  
Bagikan Berita ini :
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Pilih Jalan Sunyi, Sekjen PKS Tegaskan Partainya Istiqomah di Jalur Oposisi

Oleh Bachtiar
pada hari Sabtu, 28 Nov 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Sekretaris Jenderal PKS Habib Aboe Bakar Alhabsyi menyinggung terkait posisi PKS sebagai oposisi pemerintah di Munas V PKS yang bertema "Bersama Melayani ...
Berita

Menag Kecam Keras Pembunuhan Satu Keluarga di Sulteng

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Menteri Agama (Menag) Fachrul Razi mengecam tindakan kekerasan yang diduga dilakukan oleh kelompok Mujahidin Indonesia Timur (MIT Poso) di Desa Lemban Tongoa, Kecamatan ...