Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Jumat, 17 Jul 2015 - 19:16:16 WIB
Bagikan Berita ini :

Fungsi Legislasi Jeblok, Ketua DPR Janji Perbaiki Kinerja Dewan

60SIDAK_STASIUN_SENEN_4.jpg
Setya Novanto (kiri) (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI Setya Novanto berjanji akan merampungkan undang-undang yang tengah dibahas di Badan Legislatif (Baleg).

Guna mempercepat perampungan itu, politisi yang akrab disapa Setnov itu mengatakan, bakal menambahkan jadwal sidang untuk membahas hal tersebut.

"Masalah Baleg akan kita selesaikan secepatnya. Hari-hari legislasi kita tambahkan agar sidang berikutnya bisa diselesaikan," kata Setnov di kediamannya, Jakarta, Jumat (17/7/2015).

Bahkan, untuk menyelesaikan semua ketertinggalan DPR, politikus Golkar ini akan menggandeng pemerintah. Hal itu dilakukan guna menyamakan persepsi para dewan dengan pemerintah.

"DPR masih mengejar ketinggalan-ketinggalan dan segera mengharmonisasi dengan pemerintah agar undang-undang segera diselesaikan," terang dia.

Ditegaskan Setnov, DPR akan menyelesaikan semua yang masih menjadi 'pekerjaan rumah' lembaga wakil rakyat itu.

"Akan kita selesaikan secepatnya," pungkasnya.

Seperti diketahui, DPR RI belum menghasilkan apapun dalam bidang legislasi. Padahal, anggota dewan sudah melangsungkan empat kali sidang.

Dalam sidang itu, DPR hanya menetapkan rancangan undang-undang (RUU) terkait tabungan perumahan rakyat, penjamin dan larangan minuman beralkohol. RUU itu pun sudah disampaikan kepada Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Selain ketiga RUU itu, DPR juga menambah pekerjaan rumah dengan menerima empat RUU usulah pemerintah yang berkenaan dengan merek, KUHP, paten dan penerimaan negara bukan pajak. Namun, pihak DPR menepis penilaian publik bahwa kinerja DPR belum menghasilkan apa-apa dengan dalil semua RUU itu akan dibahas bersama pemerintah pada sidang yang akan datang.(yn)

tag: #fungsi legislasi  #dpr  #ketua dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement