Berita
Oleh Ilyas pada hari Senin, 10 Agu 2015 - 21:27:42 WIB
Bagikan Berita ini :

Koalisi Majapahit Pastikan tak Dukung Rasiyo-Abror Sebagai Lawan Risma

92berita_161102_800x600_pilkada-serentak-digelar-mulai-desember-2015-4Iac9BvynH.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

SURABAYA (TEROPONGSENAYAN) - Koalisi Majapahit yang beranggotakan tujuh parpol memastikan tidak mendukung duet pasangan bakal Calon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Surabaya Rasiyo dan Dhimam Abror yang akan diusung Demokrat dan PAN untuk didaftarkan ke KPU Surabaya, Selasa (11/8/2015).

"Kami memahami itu. Namanya koalisi kan tidak sama dengan merger atau akuisisi. Jadi tergantung dari kepentingan parpol masing-masing," kata Ketua Pokja Koalisi Majapaht A.H. Thony usai diskusi yang digelar Pemuda Pancasila Surabaya dengan tema "Membangun Kepastian Hukum di Pilkada" di salah satu rumah makan di Jalan Ahmad Yani, Surabaya, Senin (10/8/2015).

Menurut dia, pihaknya sudah menarik diri dari proses Pilkada Surabaya. Ketika ada parpol di koalisi yang bermanuver dengan mengusung pasangan calon sendiri, itu menjadi ranah dan kewenangan parpol yang bersangkutan.

Lantaran gabungan parpol ini berbentuk koalisi, lanjut dia, maka tetap ada peluang bagi parpol yang terlibat didalamnya untuk mengusung pasangan calon sendiri.

Sekretaris DPC Partai Gerindra Surabaya ini mengatakan dengan munculnya manuver dari Partai Demokrat dan PAN ini, publik akhirnya mengetahui, mana parpol yang komitmen dan tidak terhadap koalisi.

Namun, pihaknya tetap tidak akan mengusung pasangan calon lantaran aturan masa perpanjangan pendaftaran oleh Komisi Pemilihan Umum (KPU) cacat hukum.

"Kami khawatir, kalau kami memilih untuk mengusung pasangan calon dan mendaftar ke KPU, nanti ada masalah hukum dikemudian hari. Maka, kami lebih memilih untuk menggugat KPU lewat PTUN (pengadian tata usaha negara)," katanya.

Sementara itu, hingga hari kedua perpanjangan pendaftaran cawali dan cawawali di Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Surabaya belum ada pasangan calon yang mendaftar. Hingga saat ini, pasangan yang sudah daftar baru satu yakni Tri Rismaharini dan Whisnu Sakti Buana yang diusung PDIP.

Sedangkan pasangan Rasiyo dan Dhimam Abror yang diusung PAN dan Demokrat diperkirakan akan mendaftar di KPU Surabaya pada hari terakhir pendaftaran, yakni Selasa (11/8/2015).

tag: #pilkada serentak  #surabaya  #tri rismaharini  #koalisi majapahit  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement