Profil
Oleh Diyah Kusumawardhani pada hari Minggu, 16 Agu 2015 - 15:27:25 WIB
Bagikan Berita ini :

Thomas Lembong Jadi Menteri Karena Ingin Mengabdi

67tom_lembong.jpg
Thomas Trikasih Lembong (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Thomas Trikasih Lembong adalah Menteri Perdagangan hasil reshuffle dalam Kabinet Kerja milik Presiden Joko Widodo (Jokowi). Lelaki kelahiran 4 Maret 1971 ini menggantikan posisi Rachmat Gobel pada kabinet dengan masa bakti 2014-2019 ini dan dilantik pada Rabu (12/8/2015).

Tom Lembong, begitu ia disapa, pernah mendapatkan penghargaan Young Global Leader di World Economic Forum pada 2008, dianggap sesuai menempati posisi sebagai Menteri Perdagangan. Selain itu, Tom juga memiliki gelar Bachelor of Arts dari Harvard University yang didapatnya pada 1994 untuk jurusan Architecture and Urban Design.

Sebelum didaulat menjadi menteri, Tom Lembong menduduki jabatan sebagai Kepala Divisi Asset Management Investment di Badan Penyehatan Perbankan Nasional (BPPN) dan pernah bergabung dengan Farindo Investments. Selain itu ia juga merupakan salah satu mitra pendiri Quvat Capital, salah satu perusahaan yang bergerak di bidang private equity. Sementara itu, sebagai bankir, ia pernah bergabung di Deutsche Bank dan Morgan Stanley. Tidak kalah mentereng, ia juga pernah menjabat sebagai Division Head dan Senior Vice-President Indonesian Bank Restructuring Agency.

Menerima jabatan menteri diakui Tom tak pernah dibayangkan sebelumnya. Tom mengaku ia baru tahu kepastian akan menjabat sebagai menteri pada Rabu (12/8/2015) pagi, dan diminta untuk datang ke Istana Negara pukul 13.00 WIB untuk dilantik.

"Saya baru dikasih tahu tadi pagi, bahwa jam 1 siang diminta hadir untuk dilantik," ujarnya di Kantor Kementerian Perdagangan, Jakarta, Rabu (12/8/2015).

Meski demikian, ia tak menolak jabatan tersebut. Tom ingin mengabdi kepada negara.

"Tapi kenapa saya bersedia. Sama seperti Pak Gobel untuk mengabdi kepada negara. Dan jika mendapat penilaian yang baik dari presiden kita semua harus mengikuti atau menawarkan diri," kata Bankir muda ini.

Banyak harapan diletakkan rakyat Indonesia di pundak Tom ketika ia diamanahi menjabat posisi menteri perdagangan. Misalnya, bagaimana Tom bisa mengatasi masalah harga daging sapi dan cabai yang belakangan kian meroket. Namun Tom mengaku belum dapat banyak bicara mengenai apa yang akan ia lakukan ke depan dalam memimpin kementerian tersebut.

"Saat ini saya belum mau bicara terlalu banyak, nanti omongnya malah jadi sembarangan," tandasnya. (dari berbagai sumber/mnx)

tag: #Presiden Jokowi  #reshuffle kabinet kerja  #profil thomas trikasih lembong  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Profil Lainnya
Profil

Nata Irawan, Anak Pasar yang Pernah Jadi Pj. Gubernur

Oleh Aris Eko
pada hari Jumat, 15 Sep 2023
TEROPONG SENAYAN-- Lahir dari orang tua asal pelosok desa di Lampung dan lekat dengan kehidupan keras di pasar di Jakarta bukan menjadi halangan bagi remaja Nata Irawan meniti karir dan kehidupan. ...
Profil

Forum FIP-JIP dan Peta Jalan Pendidikan 318

Pada 9-11 November 2021, Fakultas Ilmu Pendidikan UNJ menjadi tuan rumah penyelenggaraan pertemuan Forum Fakultas Ilmu Pendidikan dan Jurusan Ilmu Pendidikan (FIP-JIP) dari seluruh Lembaga Pendidikan ...