Zoom
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Senin, 24 Agu 2015 - 18:35:08 WIB
Bagikan Berita ini :
Rupiah Anjlok

Pengamat: Benar Kata Pak JK, Negara Ini Bisa Hancur Dipimpin Jokowi

63jokowi.jpg
Jokowi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat politik dari Monash Institute Mohammad Nasih menilai bahwa melemahnya kondisi perekonomian bangsa saat ini tidak terlepas dari ketidakmampuan pemerintah dalam mengelola sebuah negara.

"Jika urusan diserahkan pada yang bukan ahlinya, maka tunggulah saatnya. Itu adalah kaidah dasar umum," katanya saat dihubungi di Jakarta, Senin (28/8/2015).

Ia minta sebaiknya Jokowi mempercepat diri dalam belajar dalam menjadi seorang pemimpin.

"Dan para elite politik belajar memilih pemimpin yang benar untuk rakyat," tandas dia.

Elit politik kata dia, jangan hanya berpikir kepentingan jangka pendek. Jangan hanya karena populer, lalu dijadikan presiden. Ia lalu merujuk pada komentar JK terkait rencana pencalonan Jokowi karena tingginya popularitas pada 2014 lalu.

"Bisa hancur negara ini. Pak JK sudah benar," terang dia.

Saat ditanya apakah Jokowi layak untuk mundur, Nasih menyatakan bahwa partai-partailah yang seharusnya tajam mengkritisi kinerja pemerintahan saat ini.

"Saya tidak mau mendesak Pak Jokowi lagi untuk mundur. Sebab, jadi presiden itu prestisius. Saya mendesak kepada partai-partai untuk mengkritisi pemerintahan yang sudah tidak memiliki kemampuan ini. Dan kalau memang sudah tidak ada harapan signifikan lagi, ya memang harus dicarikan pemimpin baru," tegas dia.

Lebih lanjut Nasih mengatakan bahwa saat ini dibutuhkan figur pemimpin yang bisa menjawab persoalan bangsa secara konkret.

"Jangan sampai terlambat. Makin cepat, makin baik. Tidak sekedar baru, tapi harus benar-benar yang negarawan. Jangan yang lebih mengedepankan jangka pendek," sindirnya.

Saat ditanya bagaimana cara mendapatkan figur pemimpin yang visioner, Nasih menekankan agar dalam memilih pemimpin tidak bertumpu pada popularitas semata.

"Caranya ya kita cari bersama-sama, dengan kualifikasi yang jelas. Jangan hanya sekedar popularitas. Media juga harus memberikan pendidikan politik dengan benar, Jangan hanya mengikuti arus, apalagi membela yang bayar," tuturnya. (iy)

tag: #kurs  #rupiah  #dolar  #mata uang  #jokowi  #jk  #kepemimpinan jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...