TSBola
Oleh Yunan Nasution pada hari Minggu, 30 Agu 2015 - 07:36:29 WIB
Bagikan Berita ini :

Obati Kerinduan Masyarakat Indonesia, Piala Presiden Digelar Hari Ini

20piala-presiden.jpg
Klub yang akan berpartisipasi dalam piala presiden 2015 (Sumber foto : Istimewa)

DENPASAR (TEROPONGSENAYAN) - Turnamen sepak bola Piala Presiden akan dibuka Presiden Joko Widodo, di Bali, Minggu sore (30/8/2015). Pertandingan tersebut diharapkan menjadi hiburan masyarakat setelah sekian lama persepakbolaan Indonesia vakum

Laga pembuka akan mempertemukan tuan rumah Bali United Pusam melawan Persija Jakarta di Stadion Kapten I Wayan Dipta.

"Kami sudah mengonfirmasi Bapak Presiden menyatakan bersedia membuka turnamen ini," kata Ketua Steering Committee (SC) Piala Presiden, Maruarar Sirait di Denpasar, Bali, Sabtu (29/8/2015).

Turnamen yang digagas Mahaka Sports and Entertainment belangsung 30 Agustus-18 Oktober dan dibagi dalam empat grup, yakni:

Grup A di Bandung
Persib, Persebaya (United), Persiba dan Martapura FC.
Grup B di Malang
Arema Cronus, Sriwijaya FC, Persela dan PSGC Ciamis.
Grup C di Bali
Bali United, Persija Jakarta, Persita Tangerang dan Mitra Kukar.
Grup D di Makassar
PSM, PBR, Persegres dan Pusamanian Borneo.

Maruarar berharap, turnamen sepakbola dan pertandingan ini bisa menjadi momentum perbaikan olahraga sepakbola Indonesia.

Terkait pertandingan ini, sambung politisi PDI Perjuangan itu, Presiden Joko Widodo berpesan agar dilakukan secara transparan, terbuka serta berkomunikasi dengan semua pihak. Presiden juga berpesan agar olahraga ini benar-benar bisa menggerakkan ekonomi kerakyatan.

Atas pesan Presiden, pihak SC dan OC pun langsung bergerak. Misalnya menandatangani kerjasama dengan Price Waterhouse Coopers (PWC), yang merupakan salah satu kantor jasa professional audit terbesar dan terpercaya. Dengan demikian, pertandingan ini diaduit secara profesional.

Selain itu, sambung Maruarar, pihaknya juga sudah bersilaturrahmi dan berkomunikasi dengan Menteri Pemuda dan Olahraga, Badan Olahraga Profesional Indonesia (BOPI), PSSI dan tokoh-tokoh yang selama ini konsen dengan sepakbola dan sudah berkomunikasi dengan Panglima TNI dan Kapolri terkait dengan keamanan.

Menurut Maruarar, pertandingan ini bisa menjadi jalan alternatif dan solutif atas persoalan yang ada. "Bagaimanapun sepakbola merupakan olahraga yang melibatkan banyak pihak, bukan saja pemain, wasit, dan sponsor, melainkan melibatkan masyarakat umum yang menjadi pendukung, serta para pedagang kecil yang mendapat manfaat ekonomi dari sebuah pertandingan," katanya.

Sementara itu, Ketua OC Piala Presiden 2015, Erick Thohir, menjelaskan bahwa turnamen Piala Presiden ini akan berlangsung di empat kota, yakni Bali, Makassar, Malang dan Bandung. Turnamen berhadiah Rp 5 miliar untuk juara pertama itu akan berakhir 28 Oktober mendatang.

"Tapi dimana akan dilangsungkan partai puncak, kita masih akan melihat perkembangannya. Yang jelas bukan di Bali, karena Bali sudah menjadi tuan rumah saat pembukaan," kata Erick Thohir.

CEO Mahaka Sport, Hasani Abdul Gani, menjelaskan bahwa turnamen Piala Presiden ini dibagi dalam empat grup. Selain di Bali, empat kesebelasan akan berlaga di Makasar yaki PSM, PBR, Persegres dan Pusamanian Borneo. Di Malang yakni Arema Cronus, Sriwijaya FC, Persela dan PSGC Ciamis. Sedangkan di Bandung yakni Persib, Persebaya (United), Persiba dan Martapura FC.

"Piala Presiden ini netral. Tidak ada politik-politikan. Kami bukan orang politik. Olahraga ini tidak berpihak dan hanya memfokuskan keberadaannya untuk pecinta sepak bola di seluruh Indonesia," ungkap Hasani.(yn/ant)

tag: #piala presiden  #sepakbola indonesia  #pssi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
TSBola Lainnya
TSBola

Wonderkid Asal Palestina Dikontrak Jawara Serie A

Oleh Ferdiansyah
pada hari Rabu, 19 Okt 2016
TURIN (TEROPONGSENAYAN) - Rashed Al Hajjawi, talenta muda berdarah Palestina tampaknya tengah berbangga hati. Pasalnya, juara Serie A Liga Italia musim lalu, Juventus mengontrak bocah ...
TSBola

Agum Sedih Kongres PSSI Batal Digelar di Makassar

MAKASSAR (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Komite Pemilihan PSSI, Agum Gumelar mengaku sedih atas keputusan FIFA yang menunda dan memindahkan lokasi Kongres PSSI 2016 dari Makassar, Sulawesi Selatan, ke ...