Berita
Oleh Ilyas pada hari Senin, 07 Sep 2015 - 20:29:08 WIB
Bagikan Berita ini :

Yakin tak Langgar Kode Etik, Ketua DPR Apresiasi Langkah MKD

54medium_13novanto2.jpg
Setya Novanto (Sumber foto : TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua DPR RI, Setya Novanto menyatakan, langkah Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) dalam merespons pengaduan terhadap dugaan pelanggaran Kode Etik terkait kehadiran dirinya dan rombongan dalam jumpa pers Donald Trump, patut diapresiasi.

Hal ini menunjukkan bahwa MKD telah menjalankan tugas, fungsi dan kewenangannya, sebagaimana diamanatkan dalam Peraturan DPR RI No. 1 Tahun 2015 dan Nomor 2 Tahun 2015 tentang Kode Etik dan Tata Beracara Mahkamah Kehormatan Dewan.

"Dengan demikian, kami mempersilahkan MKD untuk melakukan fungsi, tugas dan wewenangnya, termasuk melakukan penyelidikan atas dugaan pelanggaran tersebut. Meski demikian, kami berharap segenap anggota dan Pimpinan MKD bekerja secara profesional tanpa intervensi kepentingan pragmatis dari pihak-pihak tertentu. Karena kami merasa, kehadiran kami dalam Jumpa Pers bersama Donald Trump tersebut tidak melanggar Kode Etik Anggota DPR," kata Setya Novanto dalam rilis yang diterima di Jakarta, Senin (7/9/2015).

Tentu saja, sambungnya, MKD memiliki mekanisme tersendiri dalam menilai dan menentukan sebuah perkara.

"Selama ini, kami memandang MKD telah bekerja dengan baik dalam menjalankan kewenangannya. Telah banyak anggota DPR yang merasakan efek dari kinerja MKD tersebut. Anggota DPR pun merasa terlindungi dan ternaungi oleh keberadaan MKD," ujarnya.

Tindak lanjut MKD memerlukan dukungan dari semua pihak. Agar segala tuduhan dan tudingan tidak menyisakan fitnah. Publik harus memiliki pengetahuan yang utuh tentang dugaan pelanggaran Kode Etik yang melibatkan kami selaku.

"Tindak lanjut MKD juga kami perlukan untuk memperjelas posisi dan status kasus yang sebenarnya. Apalagi, kami menyandang amanah besar dari seluruh Anggota DPR sebagai Pimpinan DPR RI. Sebagai Pimpinan lembaga negara, kami mendukung proses dan langkah MKD. Karena langkah tersebut adalah sebagai bentuk penguatan kelembagaan MKD dan secara umum sebagai penguatan kelembagaan DPR RI," demikian Novanto. (iy/ant)

tag: #setya novanto  #ketua dpr  #amerika serikat  #mkd dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement