Berita
Oleh Emka Abdulah pada hari Kamis, 10 Sep 2015 - 16:02:01 WIB
Bagikan Berita ini :

Margarito: Peluang Puan Jadi Ketua DPR Nol Besar

93puan_maharani22.jpg
Puan Maharani (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pakar hukum tata negara Margarito Kamis menyatakan peluang Puan Maharani yang kini menjabat Menko Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan untuk kembali menjadi anggota DPR dan menjadi ketua menggantikan Setya Novanto nol besar alias tidak ada sama sekali.

"Karena sejak Puan dilantik menjadi menteri, secara otomatis keanggotaannya di DPR sudah gugur dan harus sudah digantikan oleh caleg dari partai yang sama dari dapil yang sama," ujar Margarito kepada TeropongSenayan di Jakarta, Kamis (10/9/2015).

Margarito diminta komentarnya untuk menanggapi skenario PDIP menyiapkan Puan untuk menggantikan Setya Novanto sebagai Ketua DPR RI. Saat ini memang Setya Novanto sedang digoyang akibat hadir dalam kampanye calon Presiden AS Donald Trump.

Menurut Margarito, bisa saja Setya Novanto sebagai pimpinan DPR digantikan oleh anggota DPR lainnya. Akan tetapi, Puan yang sudah menjadi anggota Kabinet tidak mungkin kembali menjadi anggota DPR dan menempati posisi ketua.

"Karena keanggotaannya di DPR sudah gugur sejak dilantik sebagai menteri," ucap Margarito.

Margarito menyatakan jika Undang-undang Nomor 17 Tahun 2014 tentang MPR, DPR, DPD dan DPRD (UU MD3), maka apa yang dikatakannya pasti terbukti.

"Kecuali kalau mereka mengacak-acak konstitusi bisa saja sudah jadi menteri, tapi bisa jadi anggota DPR lagi," pungkas Margarito. (mnx)

tag: #puan Maharani  #PDIP  #DPR RI  #Menteri Koordinator Bidang Pembangunan Manusia dan Kebudayaan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Konsisten Wujudkan Pembangunan Berkelanjutan Lewat TJSL, Bank DKI Raih Penghargaan

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 07 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Langkah aktif Bank DKI dalam mendukung Pembangunan Berkelanjutan lewat Tanggung Jawab Sosial dan Lingkungan (TJSL) atau Corporate Social Responsibility (CSR) kembali ...
Berita

Aktivis 98 Sarankan Prabowo Gandeng KPK, BPK dan PPATK Saat Susun Kabinet

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Aktivis 98, Uchok Sky Khadafi menyarankan agar presiden terpilih 2024-2029, Prabowo Subianto meminta saran dan masukan dari KPK, BPK RI dan PPATK dalam menyusun formasi ...