Zoom
Oleh Emka Abdullah pada hari Kamis, 10 Sep 2015 - 19:03:04 WIB
Bagikan Berita ini :

"Negara Harus Beri Jaminan Umat Islam di Tolikara"

95Tolikara2.jpg
Insiden pembakaran ruko dan masjid di Tolikara, Papua saat umat muslim hendak melakukan salat Idul Fitri yang lalu (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpaw telah menjamin keamanan bagi warga negara yang akan melaksanakan ibadah shalat Idul Adha 2015 di Tolikara, Papua. Kapolda menyatakan akan berkoordinasi dengan Pangdam Cenderawasih untuk pengamanan shalat Idul Adha tersebut.

Komisioner Komnas HAM Manejer Nasution menyatakan mengapresiasi sikap Kapolda Papua itu.

"Langkah itu, di samping sejalan dengan perspektif HAM, juga sebagai suluh terang benderang bagi kedaulatan dan kehormatan NKRI," tulis Manejer melalui pesan elektronik yang diterima TeropongSenayan, Kamis (10/9/2015).

Manejer menambahkan, negara memang harus hadir dan tidak boleh bertekuk lutut kepada actor non-state.

"Negara hanya boleh tunduk pada konstitusi dan UU. Jadi negara harus beri jaminan keamanan kepada umat Islam Talikora yang merayakan Idul Adha," tegasnya.

Ia berharap langkah Kapolda Papua itu dapat menjamin ketidakberulangan peristiwa intoleransi seperti di Tolikara pada saat pelaksanaan Idul Fitri 2015 lalu dan pada perayaan hari-hari besar keagamaan selanjutnya.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, pada Idul Fitri 1 Syawal 1436 bertepatan dengan 17 Juli 2015 umat Islam di Kabupaten Talikora, Papua tidak dapat melaksanakan shalat Idul Fitri dan menjadi korban kekerasan yang dilakukan oleh aktivis GIDI (Gereja Injili Di Indonesia). Mereka juga melakukan pembakaran terhadap masjid, rumah dan toko-toko.(yn)

tag: #tolikara  #muslim tolikara  #papua  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...