Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Senin, 14 Sep 2015 - 12:05:07 WIB
Bagikan Berita ini :

Pengamat: Menteri Perindustrian Berpeluang Digeser Kader PAN

32Saleh-husin.jpg
Saleh Husin (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat Politik Universitas Jayabaya Igor Dirgantara menilai, bergabungnya Partai Amanat Nasional (PAN) ke pemerintah disinyalir bakal menggusur kursi menteri dari partai pendukung Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Kalau PAN mengisi kursi menteri Hanura itu istilahnya 'jeruk makan jeruk' apalagi PAN bergabung karena dijembatani oleh pak Wiranto (Ketum Hanura)," kata Igor saat dihubungi, Senin (14/9/2015).

Kendati demikian, Igor menilai hal itu bisa saja terjadi lantaran Hanura merupakan partai dalam kabinet yang perolehan suara legislatifnya paling kecil.

"Jika itu memang terjadi maka Menteri Perindustrian Saleh Husin yang berpeluang digeser dari pada Menteri Pemberdayaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi Yuddy Chrisnandi," terang dia.

Yang jelas, kata Igor, bergabungnya Partai matahari terbit tersebut dengan pemerintah beraroma politik 'dagang sapi' yang amat kental, karena opsi untuk bergabung dengan pemerintah tidak diputuskan melalui mekanisme rakernas atau kongres partai.

"Pastinya tidak ada makan siang gratis. Keputusan bergabung tidak diambil melalui rakernas atau kongres partai, tetapi melalui jalur 'trio macan' elitnya yaitu Zulkifli Hasan, Soetrisno Bachir, Amien Rais, dan dilakukan di saat kondisi ekonomi Indonesia sedang melemah," ucapnya.

Dia mengatakan momentum dan manuver PAN bergabung dengan pemerintah bukan di saat kondisi normal, artinya PAN memiliki "bargaining" kuat, dan sangat dimungkinkan ada desain besar yang halus sejak awal terpilihnya Zulkifli Hasan, yang didukung oleh Sutrisno bachir dan Amien Rais, untuk berbalik haluan mendukung pemerintah dan meninggalkan KMP.

"Apalagi ada simbiosis mutualisme, pemerintah butuh PAN untuk memperkuat posisinya di parlemen, sementara PAN butuh posisi di pemerintahan karena pragmatisme dan kurangnya 'amunisi' pasca tersingkirnya Hatta Rajasa," jelas dia.(yn)

tag: #menteri perindustrian  #pan  #pan gabung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Syarat Calon Independen Maju Pilgub DKI

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 11 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Komisi Pemilihan Umum (KPU) DKI Jakarta menjelaskan syarat bakal calon independen yang hendak maju dalam Pilgub DKI Jakarta 2024. Salah satunya ialah menyerahkan formulir ...
Berita

Sudah Sejauh Mana Kasus Dugaan Korupsi Di Telkomsigma?

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kasus dugaan korupsi proyek fiktif di anak usaha PT Telkom Indonesia Tbk (TLKM), PT Sigma Cipta Caraka atau Telkomsigma periode 2017 - 2022 hingga kini belum ada kemajuan ...