Berita
Oleh Ilyas pada hari Jumat, 25 Sep 2015 - 11:41:08 WIB
Bagikan Berita ini :

MPR Minta Pemerintah Usulkan Kuota Lempar Jumrah ke Arab Saudi

71Hidayat-nur-wahid-indra.jpg
Hidayat Nur Wahid (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua MPR Hidayat Nur Wahid meminta pemerintah Indonesia melalui Kementerian Agama mengusulkan kepada otoritas Arab Saudi untuk mengatur adanya kuota waktu pelemparan jumrah.

"Sangat baik kalau Menteri Agama mengusulkan dalam rakor (dengan pihak Arab Saudi) untuk ada kesepakatan baru terkait kuota waktu pelemparan jumrah," kata Hidayat di gedung parlemen, Jakarta, Jumat, menyoal tragedi ritual haji lempar jumrah di Mina, Arab Saudi, yang menewaskan ratusan jamaah, Kamis (24/9/2015).

Menurut dia, dalam usulan kuota waktu pelemparan jumrah itu pemerintah Indonesia bisa mendorong otoritas Arab Saudi membagi waktu melempar jumrah untuk seluruh negara.

Hal ini menurut dia, dapat meminimalisir terjadinya peristiwa tidak diinginkan, layaknya yang terjadi di Mina.

"Saya berharap Indonesia berperan lebih kuat dalam mencari solusi. Kalau pemerintah Indonesia bisa mempelopori usulan ini dan mendorong adanya kesepakatan atas kuota pelemparan jumrah, ini bisa mengurangi kejadian tidak diinginkan," terang dia.

Sebelumnya, ratusan jamaah haji dilaporkan tewas dan mengalami luka-luka, karena tragedi lempar jumrah di Mina, Kamis (24/9/2015). Peristiwa itu diduga disebabkan jamaah yang hendak melempar jumrah berdesakan hingga terjatuh dan terinjak-injak. (iy/an)

tag: #mpr  #kemenag ri  #kuota lempar jumrah  #arab saudi  #tragedi mina  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soroti Kasus Pinjaman Shopee Paylater, Anggota Komisi XI DPR Dorong OJK Tindaklanjuti dan Perketat Perlindungan Konsumen

Oleh Fath
pada hari Rabu, 24 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)– Menanggapi maraknya aduan masyarakat mengenai kasus penagihan yang tidak sesuai aturan, pengaktifan sepihak dan penyalahgunaan akun SPaylater oleh orang lain, Puteri ...
Berita

Sah, KPU Tetapkan Prabowo-Gibran Presiden-Wapres Terpilih 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPU RI akhirnya resmi menetapkan, Capres-Cawapres 02 Prabowo Subianto-Gibran Rakabuming Raka sebagai presiden-wakil presiden terpilih Pilpres 2024. Penetapan tersebut ...