Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Senin, 28 Sep 2015 - 19:17:12 WIB
Bagikan Berita ini :

Ini Strategi Satgas untuk Cegah Gerakan Separatis di Papua

82separatis-papua.jpg
Gerakan Separatis Papua (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kepala Badan Intelijen Negara (BIN) Sutiyoso mengatakan bahwa Satuan Tugas (Satgas) Damai Papua nantinya bakal diisi oleh BIN, Kepolisian, dan Kopassus. Hal itu guna mencegah gerakan separatis di Bumi Cendrawasih.

Adapun kerja Satgas Papua nanti yakni lebih mengedepankan tindakan yang represif agar para kelompok separatis bisa sadar dan kembali menjadi bagian NKRI.

"Mengedepankan penggalangan, tidak membiarkan separatis. Mereka walaupun berpakaian sipil bisa membunuh, kita tegas saja dengan bujuk rayu agar mereka mau sadar, mau turun, dan setia pada NKRI. Kita akan turun tangan dengan meletakan senjata," kata Sutiyoso usai rapat kerja dengan Komisi I DPR di gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Senin (28/9/2015).

Selain itu Sutiyoso mengungkapkan BIN sendiri telah mempunyai sayap-sayap diberbagai daerah yang ada di Papua untuk melakukan upaya pendekatan kepada masyarakat betapa pentingnya menjaga keutuhan NKRI.

"Ada dong, kita punya sayap-sayap di berbagai daerah, itu kan tugas BIN. Nantinya kita akan melakukan pembangunan, dan kesehjahteraan masyarakat di Papua, say kira itu jawabannya," ujarnya.

Meski demikian, Sutiyoso mengaku tidak khawatir dengan adanya intervensi dari pihak asing yang acap kali hadir di tanah Papua.

"Sudah permainan di mana-mana (pihak asing. setiap ada peluang mereka akan masuk, itu yang akan kita counter," paparnya. (iy)

tag: #gerakan separatis papua  #satgas damai papua  #bin  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Marwan Cik Asan Ingatkan Pemerintah Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi 2024

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 07 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Demokrat, Marwan Cik Asan mengingatkan pemerintah agar mewaspadai perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun 2024. Karena meskipun angka ...
Berita

Cak Imin Harap Pilkada 2024 Tak Terjadi Manipulasi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin berharap pilkada 2024 berjalan objektif. Hal itu diutarakan Cak Imin dalam acara "Pembekalan Bacakada" di Vasa Hotel ...