Berita
Oleh untung suryo pada hari Selasa, 29 Sep 2015 - 13:17:10 WIB
Bagikan Berita ini :

Kretek Masuk RUU Kebudayaan Salah Kamar dan Harus Dikeluarkan

6putih sari.jpg
Putih Sari (Sumber foto : istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -Masuknya pasal kretek dalam RUU Kebudayaan yang saat ini masih digodok antara DPR dan pemerintah sangat dipaksakan.

“Dari awal pembahasan soal kretek ini tidak ada, tapi tiba-tiba kok sekarang masuk di pasal 37 RUU Kebudayaan ini ada apa,” kata anggota Komisi IX DPR Putih Sari, di gedung DPR, Selasa, (29/9).

Politisi Partai Gerindra ini berpendapat pasal mengenai kretek tidak tepat masuk dalam RUU Kebudayaan dan harus dikeluarkan.

“Coba dilihat lagi apakah pas masalah kretek dikategorikan sebagai budaya nasional atau tidak. Ini salah kamar harus ditinjau lagi,” ujar anggota DPR dari Daerah Pemilihan Jawa Barat VII ini.

Lagian, lanjut Putih, tidak semua daerah di Indonesia punya kretek. Jadi terasa mengganjal kalau dikategorikan sebagai salah satu kebudayaan nasional.

Seperti diketahui, pasal kretek ini masuk ke dalam Huruf l Pasal 37 RUU Kebudayaan. Di dalam pasal itu disebutkan, kretek tradisional merupakan sejarah dan warisan kebudayaan yang harus dihargai, diakui serta dilindungi pemerintah dan pemerintah daerah.(ss)

tag: #kretek  #RUU Kebudayaan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Soal Bahlil Ingin Beri Izin Tambang ke Ormas, Sartono Hutomo: Jangan Buru-buru

Oleh Fath
pada hari Selasa, 07 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Komisi VII Dewan Perwakilan Rakyat (DPR) RI angkat bicara perlihal rencana Menteri Investasi/ Kepala Badan Koordinasi Penanaman Modal (BKPM) Bahlil Lahadalia untuk ...
Berita

Marwan Cik Asan Ingatkan Pemerintah Waspadai Perlambatan Pertumbuhan Ekonomi 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anggota Komisi XI DPR RI dari Partai Demokrat, Marwan Cik Asan mengingatkan pemerintah agar mewaspadai perlambatan pertumbuhan ekonomi tahun 2024. Karena meskipun angka ...