Zoom
Oleh Mandra Pradipta pada hari Kamis, 01 Okt 2015 - 14:46:06 WIB
Bagikan Berita ini :

Setahun Dilantik, DPR Disebut Masih Suka Urus Hal Remeh Temeh

50dpr-pimpinan.jpg
Pimpinan DPR RI (Sumber foto : TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Wakil Ketua Umum PAN Hanafi Rais mengatakan bahwa ada tangan siluman yang membuat kinerja DPR tidak maksimal dalam menjalakan tiga fungsinya yakni pengawasan, anggaran, dan legislasi.

Bagaimana tidak, lanjut Hanafi, belakangan ini DPR justru sibuk mengurusi hal yang remeh temeh seperti kepergian ke luar negeri yang saat ini tengah ditangani oleh Mahkamah Kehormatan Dewan (MKD) DPR.

"Entah tangan siluman siapa, sengaja membuat sibuk dengan urusan remeh temeh," kata Hanafi di gedung Nusantara II DPR, Jakarta, Kamis (1/9/2015).

Untuk itu, Wakil Ketua Komisi I ini pun meminta anggota dewan bisa lebih maksimal dalam melakukan fungsi pengawasan pada kebijakan pemerintah. Jangan sampai ada menteri yang doyan membuat kebijakan, tanpa melibati DPR.

"Fungsi pengawasan seperti hutang ke China, dan pemerintah dalam menangani asap, termasuk masalah yang lain," tukasnya.

Untuk urusan legislasi, Hanafi mengaku optimis kalau DPR bisa melahirkan Undang-Undang yang pro-rakyat, meskipun saat ini tengah dibahas di Badan Legislasi (Baleg) DPR. "Saya kira DPR punya komitmen untuk urusan legislasi, dan semua RUU yang kini sudah masuk dalam prolegnas tengah diharmonisasi," pungkasnya. (iy)

tag: #kinerja dpr  #setahun anggota dpr  #fungsi pengawasan dpr  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Zoom Lainnya
Zoom

Mengapa Jual Beli Jabatan Merupakan Modus Korupsi yang Populer?

Oleh Wiranto
pada hari Kamis, 06 Jan 2022
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) telah menangkap Walikota Bekasi Rahmat Effendi, pada Rabu (5/1/2022). KPK mengamankan 12 orang termasuk Wali Kota Bekasi Rahmat ...
Zoom

Anies dan Ridwan Kamil Akan Digugat Apindo, Ini Alasannya

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan kini sedang berhadap-hadapan dengan pengusaha. Anies vs pengusaha ini terkait dengan keputusan Anies yang mengubah kenaikan UMP dari ...