Berita
Oleh Sahlan Ake pada hari Selasa, 06 Okt 2015 - 11:53:10 WIB
Bagikan Berita ini :
HUT TNI Ke-70

Konflik Laut China Selatan Tantangan Terbesar TNI

30laut-china-selatan.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat militer dan intelijen Susaningtyas Kertopati (Nuning) meminta di usia TNI yang ke-70 ini harus menjadi momentum introspeksi sekaligus sebagai pembangkit semangat prajurit TNI.

"Saat ini Presiden Jokowi mencanangkan Indonesia sebagai poros maritim dunia. Hal ini tentu tak dapat dilepaskan dari penguatan personel dan alutsista tiga matra TNI, utamanya TNI AL perlu ditingkatkan mengingat eskalasi ancaman juga ada peningkatan," kata Nuning kepada TeropongSenayan, Selasa (6/10/2015).

Nuning menekankan, ancaman dan tantangan keamanan terbesar yang ada di wilayah Asia Tenggara saat ini adalah memanasnya konflik laut China Selatan, dimana melibatkan
beberapa negara di kawasan Asean seperti Filiphina, Malaysia, Thailand, Vietnam.

Hal ini, kata mantan anggota DPR ini, patut diwaspadai bersama karena wilayah Laut Cina Selatan merupakan salah satu jalur laut tersibuk di dunia.

"Selain digunakan oleh sejumlah besar negara di dalam wilayah, jalur tersebut juga digunakan oleh negara di luar wilayah," ucapnya.

Oleh karena itu, lanjut Nuning, Indonesia dalam hal ini TNI mempunyai peranan penting dalam membangun kestabilan dan keamanan regional guna memelihara keseimbangan di antara negara-negara berkepentingan yang dikendalikan oleh kekuatan dari luar wilayah.

"Indonesia harus bisa meningkatkan hubungan, menyebarkan gagasan, dan melontarkan inisiatif terwujudnya U-shape line area sebagai zona ASEAN dan China SPR (Strategic Petroleum Reserve) dan terciptanya ASEAN-China Maritime Security Initiative pada pengawasan dan patroli laut-udara di wilayah Laut China Selatan," cetus dia.(yn)

tag: #laut china selatan  #hut tni  #tni  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Idul Fitri 1441H Dharma Jaya
advertisement
Idul Fitri 1441H Mendagri Tito Karnavian
advertisement
Idul Fitri 1441H Yorrys Raweyai
advertisement
Idul Fitri 1441H Nasir Djamil
advertisement
Idul Fitri 1441H Sukamta
advertisement
Idul Fitri 1441H Irwan
advertisement
Idul Fitri 1441H Arsul Sani
advertisement
Idul Fitri 1441H Cucun Ahmad Syamsurijal
advertisement
Idul Fitri 1441H Abdul Wachid
advertisement
Idul Fitri 1441H Puteri Komarudin
advertisement
Idul Fitri 1441H Adies Kadir
advertisement
Idul Fitri 1441H Mohamad Hekal
advertisement
Idul Fitri 1441H Ahmad Najib Qodratullah
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ingin Berobat dan Mengurus Pesantren, Bupati Bener Meriah Mundur

Oleh Rihad
pada hari Sunday, 24 Mei 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Tgk Sarkawi menyatakan mengundurkan diri dari jabatannya sebagai Bupati Kabupaten Bener Meriah, Provinsi Aceh, yang diumumkan kepada masyarakat pada saat pelaksanaan ibadah ...
Berita

Pasien yang Lolos dari Wisma Atlet Ditemukan di Tasikmalaya Sedang Naik Motor

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Tim gabungan berhasil mengevakuasi pasien positif COVID-19, Kamis 21 Mei 2020  pukul 01.15 WIB. Kejadiannyai  berada di cek poin Pos Pengamanan Operasi Ketupat ...