Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Rabu, 14 Okt 2015 - 19:36:46 WIB
Bagikan Berita ini :

Besok, Ribuan Buruh Turun ke Jalan Tolak Paket Ekonomi Jilid IV

89demo_buruh_10.JPG
Demo buruh (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ribuan buruh dari berbagai serikat akan melakukan aksi unjuk rasa pada Kamis (15/10/2015) untuk menolak paket kebijakan ekonomi jilid IV yang akan diumumkan pemerintah esok hari.

Presiden Konfederasi Serikat Pekerja Indonesia (KSPI) Said Iqbal mengatakan, paket kebijakan tersebut sangat merugikan buruh dan akan melemahkan daya saing industri. Padahal pengusaha sudah mendapatkan sejumlah kemudahan dalam paket kebijakan I hingga III.

"Maka KSPI, KSPSI AGN, KSBSI, Kasbi, FSPMI, SPN, KP, KPBI, SBTPI, dan 70 serikat buruh lainnya akan melakukan aksi penolakan paket kebijakan ekonomi jilid IV dengan 2.000 buruh se-Jabotabek pada 15 Oktober 2015 pukul 10.00 WIB," kata Said Iqbal saat dihubungi, Rabu (14/10/2015).

Said Iqbal menentang paket kebijakan tersebut yang mengajukan kenaikan upah gaji buruh secara flat selama lima tahun dengan melihat inflasi dan rasio Produk Domestik Bruto (PDB). Hal itu, menurut dia, tak akan memberikan peluang bagi serikat pekerja untuk berunding.

"Buruh mendapat kado pahit melalui paket kebijakan ekonomi jilid empat yang mengabaikan harga kebutuhan hidup layak (KHL) sehingga peran serikat pekerja hilang untuk hak berunding/negosiasi dalam penetapan nilai upah," jelasnya.(yn)

tag: #paket ekonomi  #demo buruh  #kspi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Ini Alasan Pembubaran PT NDK Menutup Kepentingan Pihak Lain

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Nusantara Dua Kawan atau yang disingkat NDK resmi bubar. Pembubaran perusahaan ini sebelumnya sempat ramai di demo oleh sekelompok orang dengan tuduhan dugaan NDK ...
Berita

Cak Imin Ungkap Nasib Anies di Pilkada 2024

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum PKB Muhaimin Iskandar atau Cak Imin menegaskan Anies Baswedan tidak berminat maju dalam Pilkada 2024. Cak Imin mengatakan pasangannya di Pilpres 2024 itu masih fokus ...