Berita
Oleh Syamsul Bachtiar pada hari Jumat, 16 Okt 2015 - 20:42:03 WIB
Bagikan Berita ini :

Anak Buah Prabowo Ingin Indonesia Pemasok Pangan Dunia, Guru Besar Ini Bilang Jaman Belanda Dulu Bisa

48PF_Diptych_16102015202703583.jpg
Prof Sri Edi Swasono dan Edhy Prabowo (Sumber foto : Indra Kusuma/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)--Edhy Prabowo, Ketua Komisi IV DPR RI dari Fraksi Partai Gerindra, berharap Indonesia menjadi negara pemasok pangan dunia. Sebab Indonesia dinilai memiliki potensi untuk itu.

"Semoga Indonesia bisa membuktikan diri sebagai negara penyedia pangan dunia," kata Edhy Prabowo yang juga memimpin Komisi bidang Pangan dan Pertanian DPR RI kepada TeropongSenayan di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Edhy Prabowo yang juga Wakil Ketua Umum Partai Gerindra itu dimintai pendapatnya sehubungan Hari Pangan se Dunia yang jatuh pada hari ini. Untuk itu lembaga wakil rakyat mendorong kebijakan pemerintah mewujudkan swasembada pangan.

Predikat sebagai pemasok pangan dunia, menurut Prof Sri Edi Swasono, sebenarnya sudah dicapai Indonesia saat masih bernama Hinda Belanda atau ketika menjadi jajahan Belanda. Bahkan produk pertanian dan pangan yang dihasilkan Indonesia membuat Belanda kaya raya.

"Belanda negeri kecil di Eropa jadi kaya-raya karena kesuburan tanah jajahan Hindia Belanda menghasilkan hasil bumi dan pangan saat cultuur stelsel," ujar Sri Edi Swasono yang juga Guru Besar Emiritus FE UI ini.

Ketika itu pulau Jawa merupakan penghasil gula terbesar di dunia. Ratusan pabrik gula berdiri di Jawa yang sebagian diantaranya masih beroperasi hingga kini. Hindia Belanda juga eksportir rempah paling dicari bangsa Eropa.

Namun kini justru terjadi sebaliknya. "Apakah rakyat sudah cukup makan? Apakah negara subur di pinggul khatulistiwa ini sudah berdaulat dalam pangan? Apa balita lumpuh layu kurang gizi sudah berkurang?," papar Sri Edi dengan nada tanya.(ris)

tag: #sri edi  #edhy prabowo  #pangan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Arus Balik Lebaran, KAI Catat 47 Ribu Orang Masuk Jakarta

Oleh Sahlan Ake
pada hari Senin, 15 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Kereta Api Indonesia (KAI) mencatat jumlah penumpang yang masuk Jakarta pada arus balik Lebaran hari ini, Senin (15/4/2024), mencapai 47.613 orang. Angka ini meningkat ...
Berita

Telkom Berkomitmen Bantu Masyarakat Hadapi Era Ekonomi Digital

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --PT Telkom Indonesia (Persero) Tbk (Telkom) selaku salah satu perusahaan digital telco terbesar di Indonesia, berkomitmen untuk turut serta membantu masyarakat dalam ...