Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Jumat, 16 Okt 2015 - 21:20:04 WIB
Bagikan Berita ini :

Banyak Jaksa Nakal, Kejagung Gagal Lakukan Pengawasan

43kejagung1.jpg
Kantor Kejagung (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Mantan Komisioner Komisi Kejaksaan Kamilov Sagala menilai, Jaksa Agung HM Prasetyo telah gagal dalam melakukan pembinaan maupun pengawasan internal di institusinya.

Kamilov menyatakan, praktik nakal oknum jaksa yang terjadi selama ini membuktikan pengawasan melekat antara pimpinan maupun bawahan di Korps Adhyaksa tidak berjalan semestinya.

"Saya katakan bidang pembinaan maupun pengawasan telah gagal menjalankan fungsinya. Pimpinan di tiap bidang tersebut harus bertanggungjawab atas kondisi yang ada saat ini," tutur Kamilov di Jakarta, Jumat (16/10/2015).

Sebagai contoh, tindakan pelecehan seksual yang dilakukan oknum jaksa di Kejaksaan Negeri (Kejari) Cibinong terhadap salah seorang istri terdakwa yang tengah berperkara di Kejari tersebut agar hukumannya diringankan merupakan praktek yang kerap terjadi di lingkungan kejaksaan.

"Presiden melalui Kemenpan Reformasi Birokrasi hendaknya mengaudit bidang pengawasan kejaksaan, termasuk pimpinan yang ada. Karena sudah seperti kanker 'penyakit' di pengawasan itu," lugasnya.

Berbicara pengawasan, lanjut Kamilov, tak lepas dari peran bidang pembinaan.

"Presiden Joko Widodo harus tahu 'penyakit' sumber daya manusia di kejaksaan. Pembinaan kejaksaan harus di revolusi mental. Karena pimpinan di bidang itu tidak punya sense of crisis. Tidak energik dan sdm kejaksaan tidak berkembang sejauh ini," tuturnya.

Sebelumnya, Anggota Komisi III DPR RI Desmond J Mahesa juga angkat bicara atas kondisi bidang pengawasan dan pembinaan di Kejaksaan Agung.

"Masih banyaknya jaksa nakal, dan penilaian tidak obyektif dalam mengawasi jaksa di Kejagung, bukti pimpinan di bidang tersebut tidak becus. Ditambah lagi pelecehan seksual yang dilakukan jaksa, ini contoh yang memalukan," kata Desmond.(yn)

tag: #jaksa nakal  #kejagung  #jaksa agung  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Sangat Kecewa AS Veto Keanggotaan Penuh Palestina di PBB

Oleh Sahlan Ake
pada hari Sabtu, 20 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS Jazuli Juwaini sangat kecewa dan menyesalkan sikap Amerika Serikat (AS) yang memveto draf resolusi untuk mengakui secara penuh keanggotaan Palestina di ...
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...