Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Kamis, 29 Okt 2015 - 15:47:17 WIB
Bagikan Berita ini :

ICW Duga Penempatan Para Jaksa Agung Muda Beraroma Politis

72kejagung1.jpg
Gedung Kejagung (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Rotasi sejumlah jabatan eselon I di Kejaksaan Agung mendapatkan sorotan. Pasalnya, nama-nama yang ditempatkan di posisi Jaksa Agung Muda (JAM) tersebut dinilai tidak kapabel dan berbau politis.

Koordinator Investigasi Indonesia Corruption Watch (ICW) Febri Hendri mengungkapkan, rekam jejak para Jaksa Agung Muda itu tidak menunjukkan prestasi yang baik.

Di antaranya, Jamintel Adi Toegarisman yang saat menjabat Kepala Kejaksaan Tinggi (Kajati) DKI banyak kasus di bawah penanganannya tak tertangani hingga saat ini.

"Catatan ICW, banyak kasus yang ditangani Kejati DKI mangkrak. Belum lagi uang pengganti kerugian negara yang belum diselesaikan. Tunggakan kasus juga masih banyak. Hasilnya mengecewakan. Penyidikan kasus korupsi yang melibatkan kelas kakap di Pemda DKI juga tidak terselesaikan. Jadi belum cocok sebenarnya Kajati DKI menjabat Jamintel. Inilah kekeliruan Presiden Joko Widodo yang asal tandatangan Keppres tanpa menelusuri kinerja dan track record para JAM tersebut," kata Febri di Jakarta, Kamis (29/10/2015).

Lebih lanjut Febri menilai, Kejaksaan Agung tidak transparan dalam melakukan fit and proper test pejabat eselon I-nya.

"Harusnya publik diinformasikan bahwa ada beberapa calon yang akan dirotasi. Sebutkan nama-namanya dan kriteria apa saja yang dapat menduduki eselon I. Kalau proses seleksi dilakukan tertutup, dikhawatirkan ada jual beli jabatan," imbuhnya.

ICW meminta Presiden Jokowi harus bertanggung jawab karena ikut merestui terpilihnya para Jaksa Agung Muda tersebut.

‎"Penegakan hukum di tangan Presiden Jokowi sudah mati suri. Bisa kacau negara ini. Presiden harus bertanggung jawab jika penegakan hukum di Indonesia bobrok," ucapnya.

Adapun beberapa kasus dugaan korupsi yang mangkrak di Kejati DKI yakni kasus anggaran pengadaan CCTV Monas, ‎kasus lahan Tower, kasus penjualan rumah dinas dokter Puskesmas Kelurahan Johar Baru. Lalu semasa menjabat Direktur Penyidikan di Pidsus, kasus yang ditangani Adi juga banyak yang mangkrak, seperti kredit fiktif Bank Permata, Refurbish Part PLN, Patal Bekasi, Kasus SHS serta Bibit di Kementerian Pertanian dan masih banyak lagi.

Seperti diketahui, Kejaksaan Agung merotasi sejumlah pejabat eselon I yakni Jaksa Agung Muda Pidana Khusus yang dijabat Arminsyah, Jaksa Agung Muda ‎Tata Usaha Negara dijabat Bambang Setya Wahyudi, Jaksa Agung Muda Pidana Umum diduduki Noor Rochmad, Jaksa Agung Muda Pengawasan Widyopramono dan Jaksa Agung Muda Intelejen dijabat Adi Toegarisman.

Presiden Joko Widodo pun merestui nama-nama tersebut yang sebelumnya diusulkan Jaksa Agung HM Prasetyo. Sayangnya, sejumlah nama tersebut dinilai tidak kapabel dan berkualitas yang dipilih politisi Nasdem tersebut. Salah satunya yakni nama Adi Toegarisman selaku Jamintel.(yn)

tag: #jaksa agung muda  #kejagung  #icw  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

TKN Akan Gelar Nobar Sidang Putusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 19 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Tim Kampanye Nasional (TKN) Prabowo-Gibran bakal menggelar acara nonton bareng sidang putusan sengketa hasil Pilpres 2024. Acara itu akan digelar secara sederhana bersama ...
Berita

Kemenhub Catat Arus Mudik-Balik Lebaran 2024 Capai 242 Juta Orang

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Kementerian Perhubungan (Kemenhub) melaporkan pergerakan secara nasional angkutan arus mudik-balik Lebaran 2024 mencapai 242 juta orang. Kemenhub menilai pelaksanaan ...