Berita
Oleh Ilyas pada hari Kamis, 22 Okt 2015 - 08:47:54 WIB
Bagikan Berita ini :

Setahun Jokowi-JK Bekerja, Apa Kata Kadin?

98jokowi-jk.jpg
Jokowi-JK (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Kamar Dagang dan Industri (Kadin) Indonesia mengapresiasi satu tahun kinerja Presiden Joko Widodo dan Wakil Presiden Jusuf Kalla karena dapat menyentuh permasalahan dalam dunia usaha.

"Dari paket-paket kebijakan yang sudah dikeluarkan pemerintah, saya rasa sudah cukup menyentuh permasalahan dunia usaha, sudah cukup menjawab harapan, aspirasi bidang usaha, misalnya mencakup kebijakan debirokratisasi, deregulasi, juga membantu usaha menengah kecil," ujar Ketua Umum Kadin Indonesia Suryo Bambang Sulisto di Jakarta, Rabu (21/10/2015).

Kondisi ekonomi yang dihadapi pemerintah kini, ujar dia, sangat berat dengan melemahnya perekonomian dunia, menurunnya harga komoditas serta menguatnya perekonomian AS.

Untuk itu, menurut dia, dalam kondisi perekonomian dunia yang sulit seperti sekarang, kinerja pemerintah dalam bidang ekonomi tidak dapat diharapkan akan maksimal.

"Jadi memang kondisi lingkungan yang dihadapi memang berat. Jadi kalau mengharapkan kinerja ekonomi maksimal saya kira tidak tepat dalam konteks menghadapi perekonomian dunia yang sulit," tutur Suryo.

Meski begitu, ia mengatakan yang penting untuk menghadapi permasalahan tersebut adalah langkah-langkah dan strategi jangka menengah pemerintah agar ekonomi menjadi kuat lagi serta implementasi kebijakan yang tepat sasaran.

Terkait paket kebijakan ekonomi jilid lima yang segera diluncurkan pemerintah, Suryo berharap agar paket kebijakan tersebut menambah daya saing usaha di Indonesia.

"Harapan dunia usaha untuk paket kebijakan sederhana, kami ingin diturunkan pajak, bunga bank turun, likuidasi dilonggarkan. Ini yang kita belum lihat di paket kebijakan sebelumnya. Mudah-mudahan pemerintah memikirkan itu juga. Hal-hal itu ada kaitannya dengan daya saing kita," kata dia.

Menurut dia, biaya produksi yang mahal merupakan salah satu hal yang menyebabkan produk Indonesia kurang bisa bersaing dengan negara lain.

Sementara itu, pemerintah segera meluncurkan paket kebijakan jilid lima agar perekonomian Indonesia semakin berdaya saing dalam kompetisi global.

Dengan paket kebijakan tersebut, diharapkan Indonesia mampu bersaing dengan negara lain, misalnya Vietnam dan India yang mengalami pertumbuhan ekonomi sangat cepat. (iy/an)

tag: #setahun kepemimpinan jokowi  #pemerintahan jokowi-jk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

MK Jamin Tak Ada Deadlock saat Pengambilan Keputusan Sengketa Pilpres

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 18 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Mahkamah Konstitusi (MK) menjamin tidak akan ada deadlock dalam pengambilan putusan sengketa Pilpres 2024. Saat ini, Hakim Konstitusi masih melaksanakan rapat ...
Berita

Pemprov DKI Jakarta Apresiasi Bank DKI Penyumbang Dividen Terbesar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Pemprov DKI Jakarta melalui Kepala Badan BP BUMD Provinsi DKI Jakarta, Nasruddin Djoko Surjono menyampaikan apresiasi atas kontribusi Bank DKI sebagai Badan Usaha Milik ...