Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Sabtu, 24 Okt 2015 - 15:22:05 WIB
Bagikan Berita ini :

Indonesia Darurat Bencana, WALHI Sarankan Pemerintah Cuci Otak

58270839_620.jpg
Ilustrasi (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Kepala Divisi Kampanye Wahana Lingkungan Hidup (Walhi) Nur Hidayati mengatakan Indonesia memiliki tingkat kerawanan bencana yang cukup besar. Pasalnya, kata dia, ekologi alam Indonesia telah mengalami banyak kerusakan akibat eksploitasi sumber daya alam (SDA) besar-besaran.

"Habis kebakaran, akan datang banjir dan longsor. Jangan lihat ini secara parsial. Kok kita lihat seperti kagetan. Padahal berlangsung setiap tahun. Ini lingkaran setan. Banjir, longsor, asap, yang pada setiap tahunnya ratusan kali meningkat. Ini akibat kerusakan lingkungan," ujar Nur Hidayati dalam acara diskusi yang bertema "Hentikan Indonesia Jadi Tanah Asap Beta!" bertempat di bilangan Menteng,Jakarta Pusat, Sabtu (24/10/2015).

Nur Hidayati berharap pemerintah cerdas dalam memaknai kejadian demi kejadian bencana yang menimpa Indonesia. Oleh karena itu, kata dia, pemerintah harus berkemas dan menyudahi pola lama dalam mengatasi berbagai persoalan bencana.

Ia juga menyarankan, sudah saatnya pemerintah cuci otak dengan mengubah paradigma lama dan mengevaluasi berbagai kebijakannya. Menurut dia, selama ini keputusan pemerintah cenderung kontradiktif.

"Yang harus diperbaiki itu paradigma pemerintah. Di satu sisi berbicara asap, di sisi lain presiden perintahkan untuk penyedotan dengan memberikan perijinan investasi. Kalau mau diperbaiki dari otaknya," ujarnya. (iy)

tag: #kabut asap  #bencana asap  #kebakaran hutan  #walhi  #pemerintahan jokowi-jk  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Surya Paloh Sambangi Prabowo Subianto di Kertanegara

Oleh Sahlan Ake
pada hari Kamis, 25 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Partai Gerindra sekaligus presiden terpilih Prabowo Subianto menerima kunjungan Ketua Umum Partai NasDem Surya Paloh. Keduanya melakukan pertemuan di kediaman ...
Berita

Ali Wongso: SOKSI Dukung Penuh Jokowi dan Gibran Berada di Partai Golkar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketum SOKSI ,Ir. Ali Wongso Sinaga mendukung penuh Pak Jokowi dan Pak Gibran berada di Partai Golkar. Hal ini sebagaimana pernyataan Ketum Partai Golkar Airlangga Hartarto ...