Berita
Oleh Yunan Nasution pada hari Minggu, 25 Okt 2015 - 05:44:47 WIB
Bagikan Berita ini :

Indonesia Sudah Ekspor Bawang Sebanyak 36.000 Ton

5bawang-merah.jpg
Bawang merah (Sumber foto : Istimewa)

KENDARI (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Pertanian (Mentan) Andi Amran Sulaiman mengatakan tahun ini Indonesia sudah melakukan ekspor bawang sebanyak 35.000 ton.

"Dulu mau rencana impor bawang merah, tetapi kenyataannya sekarang baru saja kita ekspor bawang 35.000 ton," kata Amran Sulaiman di hadapan peserta briffing jajaran Pertanian se-Sultra, di Kendari, Sabtu (24/10/2015) malam.

Menurutnya, selain melakukan ekspor bawang, keberhasilan lain dalam sektor pangan tahun ini juga sudah lakukan ekspor kacang hijau, termasuk jagung.

Menurut Amran, selama ini banyak pemberitaan terkait impor pangan, sementara keberhasilannya mengekspor sejumlah komoditas malah hampir tak pernah diekspos.

"Sudah 365 hari atau satu tahun pemerintahan Presiden Jokowi-JK, itu belum pernah impor (beras). Produksi beras kita tahun ini paling tinggi dalam 10 tahun terakhir," katanya.

Menurutnya, banyak capaian ekspor sejumlah komoditas pertanian justru selalu sepi dari pemberitaan.

"Yang harus dicatat dan ini prestasi luar biasa karena kita belum membuka kran untuk impor beras. Karena impor itu hanya mensejahterakan para petani Vietnam dan Thailand," katanya.

Acara itu dihadiri oleh Sekda Sultra, Lukman Abunawas, Kadis Pertanian dan Peternakan Sultra Muhammad Nasir, Kadis Perkebunan dan Hortikultura Sultra Bambang dan sejumlah pejabat lingkup Kementerian Pertanian RI.(yn/ant)

tag: #ekspor bawang  #bawang merah  #mentan  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Leap Telkom Digital
advertisement
AMIN BANNER 01
advertisement
AMIN BANNER 02
advertisement
AMIN BANNER 03
advertisement
AMIN BANNER 04
advertisement
AMIN BANNER 06
advertisement
AMIN BANNER 08
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fadel Muhammad: Fungsi Pengawasan DPD Fokus pada Masalah-Masalah di Daerah

Oleh Sahlan Ake
pada hari Jumat, 29 Mar 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Wakil Ketua MPR Prof. Dr. Ir. Fadel Muhammad mengatakan fungsi pengawasan Dewan Perwakilan Daerah (DPD) harus lebih diperkuat dalam pengawasan terhadap pemerintah daerah. ...
Berita

Kini Nasabah Bank DKI Bisa Tarik Tunai Tanpa Kartu di ATM BRI

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Bank DKI kembali menunjukkan komitmennya dalam memberikan layanan terbaik kepada nasabah khususnya dalam layanan digital. Melalui kerja sama dengan PT Jalin Pembayaran ...