Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Selasa, 27 Okt 2015 - 17:26:40 WIB
Bagikan Berita ini :

Adian Bela Jokowi Soal Surat Menteri ESDM ke Freeport

86adian-indra.jpg
Adian Napitupulu (kiri) (Sumber foto : Indra Kusuma/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Bergulir spekulasi yang menyebutkan bahwa ada restu Presiden Jokowi di balik dikeluarkannya surat balasan Menteri ESDM bernomor 7582/19/ESDM/2015 tertanggal 07 Oktober 2015 atas surat permohonan perpanjangan kontrak dari PT Freeport Indonesia.

Asumsinya, Menteri ESDM Sudirman Said tidak mungkin berani mengeluarkan surat tersebut tanpa ada izin dari presiden. Namun, anggota Komisi VII DPRRI Adian Napitupulu menepis sangkaan itu.

Dia menegaskan bahwa Jokowi tidak ikut menginisiasi dikeluarkannya surat itu. Bahkan ia mengklaim punya rekaman video tentang pernyataan Jokowi yang menolak perpanjangan kontrak Freeport. (Baca juga: Berdasarkan Surat Ini, Menteri Sudirman Said Beri Janji Manis Kepada Freeport)

"Sebenarnya kalau ada waktu saya punya rekaman. Dalam rekaman tersebut jelas-jelas Jokowi mengatakan tidak ada perpanjangan Freeport sampai kontrak habis," ungkap Adian dalam konferensi pers menyikapi surat Menteri ESDM itu di ruang rapat Komisi VII DPR, Senayan, Jakarta, Selasa (27/10/2015).

Adian meyakini bahwa Sudirman Said menerbitkan suratnya atas kebijakan pribadinya. Karena itu, pihaknya bersama Komisi VII meminta supaya orang nomor satu di Kementerian ESDM itu mencabut surat tersebut. (Baca juga: Kontrak Karya PT Freeport Dinilai Tak Layak Diperpanjang)

"Bahwa ada perbedaan pandangan antara presiden dan menteri justru di sini Komisi VII kumpul. Supaya Jokowi tidak terjebak. Perpanjangan kontrak itu, apapun namanya kalau diperpanjang itu tetap namanya kontrak karya. Dan itu yang kita hindari," pungkasnya.(yn)

tag: #freeport  #menteri esdm  #jokowi  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Annisa Pohan: Hari Kartini Mengingatkan Kesetaraan Gender Salah Satu Pilar HAM

Oleh Sahlan Ake
pada hari Selasa, 30 Apr 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Umum Srikandi Demokrat Annisa Pohan Yudhoyono menyampaikan, pentingnya memperjuangkan kesetaraan gender, sebagai salah satu pilar Hak Asasi Manusia (HAM). Hal ini ...
Berita

KPK Geledah Kantor Sekjen DPR Indra Iskandar

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --KPK menggeledah Kantor Sekretariat Jenderal (Setjen) DPR RI Indra Iskandar pada Selasa siang (30/4). Hal ini dibenarkan Kabag Pemberitaan KPK Ali Fikri penggeledahan ...