Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 28 Okt 2015 - 12:30:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Luhut Tanggapi Dingin Rencana Pansus Asap DPR

34luhut-panjaitan2.jpg
Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) (Sumber foto : Indra Kusuma/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi dingin rencana DPR yang akan membentuk panitia khusus (Pansus) asap.

Ia mengaku memahami bahwa inisiatif Pansus Asap muncul karena para anggota dewan ingin mengetahui persoalan yang sebenarnya terjadi terkait asap.

DPR berencana membentuk Pansus penanganan masalah kabut asap. Sejumlah Komisi di DPR bahkan telah membentuk panitia kerja (Panja) terkait kebakaran lahan dan hutan. Namun, karena masalah asap bersifat lintas Komisi, maka Panja yang sudah ada diusulkan untuk ditingkatkan menjadi Pansus.

"Teman-teman DPR ingin dapat kejelasan (soal kabut asap),” kata Luhut saat jumpa pers koordinasi kementerian untuk menangani asap di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (28/10/2015).

Luhut berharap DPR bersama-sama terlibat dalam mencari solusi bagi penanggulangan asap saat ini. Ia mengatakan bahwa persoalan asap saat telah menjadi masalah kemanusiaan yang harus ditangani secara serempak.

Mantan kepala staf kepresidenan itu membantah pemerintah tidak sigap menangani asap. Ia memastikan bahwa pemerintah memiliki komitmen untuk menyelesaikannya.

“Itu sudah kami lakukan. Ibu Khofifah (Mensos Khofifah Indar Parawansa), Ibu Nila (Menkes Nila F Moeloek) dan Mendikbud serta Pak Nasir (Menristekdikti M Nasir) sudah koordinasi di bawah Mendagri. Semua kementerian sudah terintegrasi lakukan itu,” klaim dia.(yn)

tag: #pansus asap  #luhut  #dpr  #kabut asap  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement