Berita
Oleh Ahmad Hatim Benarfa pada hari Rabu, 28 Okt 2015 - 12:30:49 WIB
Bagikan Berita ini :

Luhut Tanggapi Dingin Rencana Pansus Asap DPR

34luhut-panjaitan2.jpg
Luhut Binsar Pandjaitan (tengah) (Sumber foto : Indra Kusuma/ TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Menteri Koordinator Politik, Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Luhut Binsar Pandjaitan menanggapi dingin rencana DPR yang akan membentuk panitia khusus (Pansus) asap.

Ia mengaku memahami bahwa inisiatif Pansus Asap muncul karena para anggota dewan ingin mengetahui persoalan yang sebenarnya terjadi terkait asap.

DPR berencana membentuk Pansus penanganan masalah kabut asap. Sejumlah Komisi di DPR bahkan telah membentuk panitia kerja (Panja) terkait kebakaran lahan dan hutan. Namun, karena masalah asap bersifat lintas Komisi, maka Panja yang sudah ada diusulkan untuk ditingkatkan menjadi Pansus.

"Teman-teman DPR ingin dapat kejelasan (soal kabut asap),” kata Luhut saat jumpa pers koordinasi kementerian untuk menangani asap di Graha Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), jalan Pramuka, Jakarta Timur, Rabu (28/10/2015).

Luhut berharap DPR bersama-sama terlibat dalam mencari solusi bagi penanggulangan asap saat ini. Ia mengatakan bahwa persoalan asap saat telah menjadi masalah kemanusiaan yang harus ditangani secara serempak.

Mantan kepala staf kepresidenan itu membantah pemerintah tidak sigap menangani asap. Ia memastikan bahwa pemerintah memiliki komitmen untuk menyelesaikannya.

“Itu sudah kami lakukan. Ibu Khofifah (Mensos Khofifah Indar Parawansa), Ibu Nila (Menkes Nila F Moeloek) dan Mendikbud serta Pak Nasir (Menristekdikti M Nasir) sudah koordinasi di bawah Mendagri. Semua kementerian sudah terintegrasi lakukan itu,” klaim dia.(yn)

tag: #pansus asap  #luhut  #dpr  #kabut asap  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
Berita Lainnya
Berita

Bamseot Minta Pemerintah Daerah Lebih Tegas Mendorong Warga Patuhi Protokol Kesehatan  

Oleh Sahlan Ake
pada hari Minggu, 07 Jun 2020
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua MPR Bambang Soesatyo mendorong semua pemerintah daerah (Pemda) bersikap lebih tegas dalam mendorong warga mematuhi dan melaksanakan protokol kesehatan di ruang ...
Berita

MAKI Sayangkan Harun Telah 'Meninggal', Hadiah iPhone 11 Pun Diborong Informan Nurhadi

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) -- Masyarakat Anti Korupsi Indonesia atau biasa dipanggil MAKI lega bisa memberikan hadiah iPhone 11 kepada empat informan yang telah berkontribusi mengungkap keberadaan ...