Berita
Oleh Mandra Pradipta pada hari Minggu, 13 Des 2015 - 16:55:00 WIB
Bagikan Berita ini :

Kontrak Freeport Jangan Diperpanjang, UU Minerba Harus Diakomodir

56diskusi-tebet.JPG
Suasana Diskusi di Warung Komando, Tebet (Sumber foto : Mandra Pradipta/TeropongSenayan)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Pengamat Energi Yusri Usman mengatakan, sejak pertama kali kontrak karya PT Freeport pada tahun 1967 dirancang, sejatinya memang sudah banyak hal yang tidak menguntungkan bagi bangsa Indonesia.

Diantaranya soal pembagian royalti yang hanya 1 persen untuk emas. Jadi jangan heran, lanjut dia, banyak rakyat Papua yang miskin meskipun hidup di sekitar tambang Freeport.

"Sejak april 1967, sejak kontrak karya dibuat, banyak isi poin kontrak karya tidak dilakukan dengan itikad baik," kata Yusri dalam diskusi bertajuk 'Keniscayaan Nasionalisasi Dibalik Sengkarut Freeport' di Warung Komando, Tebet, Jakarta, Minggu (13/12/2015).

Oleh karenanya, Yusri mendesak agar Presiden Joko Widodo segera mengambil langkah tegas untuk tidak perpanjang kontrak karya Freeport yang akan berakhir pada tahun 2021.

"Kontrak karya tetap berlaku sampai batas waktu berakhir tapi isi di UU Minerba harus di akomodir. Ini yang harus jadi bahan evaluasi," pungkasnya. (mnx)

tag: #kontrak-karya-freeport  #pt-freeport  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

I Nyoman Parta Desak Aparat Kepolisian Usut Tuntas Kasus Tewasnya Mahasiswa STIP

Oleh Fath
pada hari Sabtu, 04 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota DPR RI dari daerah pemilihan Bali, I Nyoman Parta meminta aparat kepolisian mengusut tuntas tewasnya mahasiswa Sekolah Tinggi Ilmu Pelayaran (STIP) Jakarta, Putu ...
Berita

Ini Kata Anies Soal Beredar Partai Perubahan

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Anies Baswedan membantah adanya tawaran untuk pembuatan partai. Beredar di sosial media rencana pembentukan partai perubahan dengan logo burung hantu. Dari foto yang ...