Berita
Oleh Alfian Risfil pada hari Minggu, 17 Jan 2016 - 16:20:17 WIB
Bagikan Berita ini :

Soal ISIS, Komisi VIII Sayangkan Kemenag Tak Sejalan dengan Polisi

76saleh-partaonan-daulay.jpg
Saleh Partaonan Daulay (Sumber foto : Istimewa)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) - Ketua Komisi VIII DPR RI Saleh Partaonan Daulay menyayangkan adanya ketidakseragaman informasi mengenai keberadaan ISIS di Indonesia.

Hal itu terbukti dari pernyataan Menteri Agama Lukman Hakim Saifuddin yang menyebutkan bahwa pihaknya belum bisa memastikan ada atau tidaknya ISIS di Indonesia. Sedangkan, kepolisian dan Badan Nasional Pemberantasan Terorisme (BNPT) menyebut secara tegas bahwa yang bertanggung jawab atas aksi teror di Jalan MH Thamrin, Kamis (14/1/2016) lalu adalah ISIS.

"Ini berarti tidak ada koordinasi antara pihak kepolisian dan BNPT dengan Kementerian Agama. Padahal, Kementerian Agama semestinya bisa dijadikan sebagai ujung tombak dalam melakukan sosialisasi dan antisipasi bahaya radikalisme dan terorisme di Indonesia," kata Saleh dalam siaran pers yang diterima di Jakarta, Minggu (17/1/2016).

Dengan pernyataan menteri agama tersebut, kata dia, diyakini bahwa Kementerian Agama belum memiliki data dan fakta tentang ISIS di Indonesia.

"Data dan fakta itu masih secara ekslusif dimiliki kepolisian dan BNPT. Tak heran jika kementerian agama tidak pernah dilibatkan dalam upaya antisipasi terhadap bahaya gerakan tersebut," katanya.

Padahal, menurut Saleh, Kementerian Agama merupakan salah satu lembaga negara yang dinilai efektif dalam melakukan gerakan deradikalisasi di tengah-tengah masyarakat.

"Hal ini mengingat Kementerian Agama memiliki jaringan dan kantor yang tersebar secara merata di seluruh Indonesia," tuturnya.

Menurutnya, jaringan dan aparaturnya tentu bisa dimanfaatkan untuk melakukan pemantauan dan pembinaan terhadap aktivitas kelompok-kelompok masyarakat yang dinilai menyimpang.

"Kantor Urusan Agama (KUA) itu kan menyebar di seluruh Indonesia. Hampir seluruh kecamatan memiliki KUA. Ada PNS yang bekerja di sana. Tugasnya ya membina dan memfasilitasi umat dalam menjalankan agama. Sayang sekali kalau jaringan seperti ini tidak dimanfaatkan," ujarnya.

Dalam konteks itu, kata Saleh, Kementerian Agama, kepolisian, BNPT, dan lembaga-lembaga intelejen yang ada diharapkan dapat berkoordinasi dan bekerja sama.

"Selain operasi penangkapan dan penegakan hukum, upaya-upaya persuasif dan antisipatif juga diperlukan. Hal itu diyakini menjadi ranah kementerian agama yang selama ini bisa menjalin kerja sama dengan tokoh agama dan tokoh masyarakat," kata politisi Partai Amanat Nasional (PAN) itu. (mnx)

tag: #bom-sarinah  #isis  
Bagikan Berita ini :
Advertisement
IDUL FITRI 2024
advertisement
IDUL FITRI 2024 MOHAMAD HEKAL
advertisement
IDUL FITRI 2024 ABDUL WACHID
advertisement
IDUL FITRI 2024 AHMAD NAJIB
advertisement
IDUL FITRI 2024 ADIES KADIR
advertisement
Berita Lainnya
Berita

Fraksi PKS Terus Berjuang Untuk Kesejahteraan dan Perlindungan Buruh

Oleh Sahlan Ake
pada hari Rabu, 01 Mei 2024
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN) --Ketua Fraksi PKS DPR Jazuli Juwaini mengucapkan selamat Hari Buruh dan berharap agar kebijakan negara semakin menyejahterakan dan melindungi pekerja baik di dalam maupun ...
Berita

Nurhayati Effendi Berharap Hubungan Buruh dengan Pengusaha Makin Harmonis

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)- Anggota Komisi IX DPR RI Nurhayati Effendi berharap hubungan harmonis antara pekerja dengan pengusaha dapat terwujud pada momen peringatan Hari Buruh Nasional atau May Day ...