Oleh Rihad pada hari Sabtu, 02 Jan 2021 - 21:56:20 WIB
Bagikan Berita ini :

Erick Thohir Nyatakan Biaya Naik Mobil Listrik Lebih Murah, Berapa Harganya?

tscom_news_photo_1609599380.jpg
Erick Thohir (Sumber foto : Ist)

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Menteri BUMN Erick Thohir menyebut Indonesia siap menjadi pemain utama mobil listrik. Erick Thohir mengatakan hal itu saat melakukan pengecekan sejumlah fasilitas stasiun pengisian mobil listrik (charging station) di Bali.

Erick menyatakan mobil listrik juga jauh lebih irit dalam hal jumlah pengeluaran yang harus dibayarkan dalam melakukan perjalanan. Dia mencontohkan, naik mobil listrik Jakarta-Bali hanya habis Rp 200.000. Sementara kalau mengendarai kendaraan konvensional BBM, butuh bensin sampai Rp 1,1 juta.

"Hari ini saya mencoba mengendarai mobil listrik dan mengecek kesiapan stasiun pengisian kendaraan listrik (charging station) di Bali. Mobil listrik ini sudah dicoba oleh tim PLN dari Jakarta ke Bali, yang apabila dengan BBM ongkosnya adalah Rp. 1,1 juta, maka dengan mobil listrik hanya Rp. 200.000. Hal ini tentunya sangat menghemat terutama di saat pandemi seperti ini," jelas Menteri BUMN, Erick Thohir,

Dilanjutkan Erick mobil listrik juga punya banyak manfaat. Tak hanya manfaat bagi ekonomi, melainkan manfaat bagi lingkungan. Hal ini sejalan dengan misi pemerintah untuk mendorong pembangunan ekonomi yang berkelanjutan.

"Mobil listrik lebih ramah lingkungan. Emisi yang dihasilkan lebih rendah dibanding kendaraan yang menggunakan bahan bakar minyak, sehingga akan mengurangi polusi udara dan juga polusi suara. Bahkan PLN memberikan diskon 30% untuk isi daya di malam hari," lanjut dia.

Erick Thohir juga mengatakan, mobil listrik menjadi solusi untuk mengurangi berpindahnya devisa ke luar negeri melalui impor BBM. Saat ini nilainya mencapai 1,5 juta barel per hari atau setara Rp 200 triliun per tahun.

Saat ini tercatat Kementrian Perhubungan dan Pemerintah Provinsi Jawa Barat yang sudah mulai beralih menggunakan mobil listrik buat kendaraan operasional.

Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menggunakan mobil listrik sebagai kendaraan dinas. Hyundai Ioniq berkelir putih dengan pelat RI 35 sudah mulai dia gunakan sebagai kendaraan operasional sehari-hari sejak pertengahan Desember.

Pun begitu Ridwan Kamil yang menggunakan mobil listrik Hyundai sebagai kendaraan dinasnya, pekan ini.

Mahal

Sayangnya, harga mobil listri masih mahal untuk orang kebanyakan. Lexus UX 300e harganya Rp 1,245 miliar on the road Jakarta. Corolla Cross Hybrid seharga Rp 497,8 juta. All New Corolla Altis HEV dengan teknologi hibrida generasi ke-4 ini hadir di Indonesia dengan Rp 586,25 juta.

Sementata itu, Tesla Inc mengatakan bahwa penjualan dan pengiriman mobil listrik Model Y buatan pabrik di Shanghai, Cina, akan dimulai mulai bulan ini, Reuters, Jumat, 1 Januari 2021.

Menurut web resmi Tesla, harga awal Model Y di Cina sebesar 339.900 yuan (setara Rp 739,5 juta dengan kurs saat ini 1 yuan = Rp 2.175).

tag: #krisis-listrik  #erick-thohir  
Bagikan Berita ini :
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Advertisement
Indonesia Digital Network 2021
advertisement
Dompet Dhuafa - teropongsenayan.com - ZAKAT
advertisement
Dapatkan HARGA KHUSUS setiap pembelian minimal 5 PACK
advertisement
The Joint Lampung
advertisement
Lainnya
Bisnis

Hutama Karya Perkenalkan Speed Gun untuk Pantau Kecepatan Mobil

Oleh Rihad
pada hari Saturday, 27 Feb 2021
JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-PT Hutama Karya melakukan sosialisasi penggunaan speed gun, untuk melihat rata-rata kecepatan kendaraan yang melintas, baik yang over speed maupun under speed. "Kami ...
Bisnis

Ketentuan Vaksinasi Mandiri, Perusahaan yang Bayar, Karyawan Gratis

JAKARTA (TEROPONGSENAYAN)-Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menerbitkan aturan vaksinasi corona atau Covid-19 mandiri atau gotong royong. Lewat Peraturan Menteri Kesehatan Nomor 10 Tahun 2021 ...